Idgham tidak Sempurna

19 September 2020

Sore itu, saat sedang tilawah (Baca Al-Qur’an), Ayah menemukan huruf ط (tho) bersukun bertemu dengan huruf ت (ta), tepatnya di surat An-Naml ayat 22, gimana bacanya nih?

Idgam tidak sempurna

Karena masih belum tau cara bacanya, dan penasaran akhirnya Ayah capture/screenshot Ayat An-Naml-22 dan menanyakan di group WA Rumta (Rumah Tajwid) yang Ayah ikuti.

ternyata eh ternyata materi ini baru minggu lalu di bahas, namanya Idgam tidak sempurna, yaitu ketika huruf ط (tho) bersukun bertemu dengan huruf ت (ta). cara bacanya yaitu :

huruf ط (tho), bersukun, tapi tidak mantul (qolqolah), langsung dilanjut ke huruf ت (ta)

contoh huruf dan bacaannya, Ayah sedang coba untuk mengcombine video dan voice, kalau sudah berhasil, akan Ayah masukkan ke dalam blog ini

untung punya rekaman materi minggu lalu, dan ternyata, benar materi Idgam tidak sempurna ini dibahas minggu lalu. Ketahuan nih ngak nyimak materi minggu lalu, hehehe.

Tiba-tiba Ayah teringat, memang diakhir sesi rumta minggu lalu, dimana materi dan hukum bacaan dibahas. Ayah sedang menerima telpon, jadi saat itu konsentrasi terbagi dan tidak fokus. pelajaran buat Ayah agar fokus saat belajar Tahsin, jangan terbagi-bagi dengan hal yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s