Kalau Osaka sebelah kanan, kalo Tokyo sebelah kiri, jangan terbalik ya

7 April 2019

cukup salut dengan ketertiban orang Jepang, dan budaya antrinya. Ayah perhatikan budaya Antri ini sangat bagus dan patut dicontoh. konon saat terjadi musibah gempa tahun 2011 yang lalu, meskipun dalam kondisi kesulitan, kelaparan dan ketakutan, orang-orang Jepang tetap antri saat menerima bantuan pemerintah dan mendapatkan bahan bakar.

welcome to Kansai

Dengan budaya antri ini, kita tidak mengambil hak orang yang lebih dahulu datang, dengan kata lain berarti kita sudah menghormati hak orang lain, tidak seperti disini, masih ada saja oknum yang suka menyerobot, mudah-mudahan negara kita juga bisa mengikuti budaya yang baik ini.

Antri menunggu kereta

Saat pertama kali menginjakkan kaki di negeri sakura di tahun 2007 lalu, Ayah sedikit bingung dengan kondisi eskalator, dimana orang-orang hanya antri disebelah kiri, namun disebelah kanan kosong. setelah diperhatikan, ternyata bagian sebelah kanan itu di khususkan untuk orang yang terburu-buru atau mau cepat, jika tidak buru-buru atau membalap, ambil posisi disebelah kiri.

situasi antri di eskalator di Tokyo

ternyata Budaya antri disebelah kiri tidak berlaku ketika kita berada di Osaka, loh kok? karena di Osaka antrinya bukan disebelah kiri, melainkan disebelah kanan. jalur kiri digunakan khusus untuk yang ingin buru-buru atau lebih cepat.

Antri di eskalator saat berada di Osaka, sebelah kanan ya

awalnya sedikit bingung, karena yang Ayah tau, di Jepang itu antri disebelah kiri, apa ada ganti peraturan ya?

Welcome to Japan, Narita airport

ternyata ketika Ayah touchdown di Tokyo, antri di eskalator di Tokyo tetap di sebelah kiri, bukan disebelah kanan, bagaimana ini?

kalau di Tokyo area antrinya sebelah kiri, jangan terbalik ya

selidik punya selidik, ternyata budaya antri di eskalator antara Tokyo dan Osaka tidak sama, jika di Tokyo orang-orang terbiasa antri di sebelah kiri, namun di Osaka orang-orang antri disebelah kanan. untuk teman-teman yang akan dan sedang di Jepang, jangan terbalik ya.

Salah satu antrian di eskalator, hayo, ini di Osaka atau di Tokyo

kapan ya negara kita punya kebiasaan baik seperti ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s