Memberi tidak harus dengan uang

27 Juli 2019

Berawal dari program sekolah dede “market day” dimana, Dede dan teman-teman Dede di ajarkan untuk berjualan di sekolah, kemudian hasil penjualannya itu akan disumbangkan untuk orang yang membutuhkan.

Notes buah

untuk program market day ini, setelah berdiskusi dengan Dede, Mas, Ayah dan Bunda, untuk market day kali ini Dede mau berjualan pulpen Glitter. pulpen glitter ini pertama kali dede Beli saat ujicoba MRT, Dede Ran sangat menyukai pulpen yang blink-blink ini. kalau Dede Suka, temen-teman pasti banyak juga yang suka, terutama girls.

jadilah Ayah pesan pulpen sekitar 22 untuk dede Jual di sekolah. hari penjualanpun tiba, beberapa pulpen Dede terjual, meski ada sisa beberapa. kemudian, beberapa hari berikutnyaDede punya ide, untuk memberikan sisa pulpen itu keteman-temannya. dan teman-temannya senang sekali.

terinspirasi dari pemberian dede Ran ke teman-temannya, Ayah tiba-tiba ingat nasihat terkait saling memberi hadiah ini.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

تَهَادَوْا تَحَابُّوا

Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594. Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, no. 1601. Syaikh Musthofa Al-‘Adawi dalam catatan kaki Fiqh Al-Akhlaq menyatakan bahwa sanad haditsnya hasan dengan syawahidnya)

Source : https://rumaysho.com/15422-21-faedah-tentang-hadiah.html

mengingat keutamaan saling memberi hadiah ini, sekaligus untuk mengajarkan Dede Ran untuk saling berbagi, Ayah buat program Agar Dede memberikan hadiah ke teman-teman sekelas dede setiap bulan. sebenarnya Ayah menawarkan hal yang sama (memberikan hadiah untuk teman-teman sekelasnya) kepada Mas Nara, namun Mas Nara tidak mau, mungkin Mas malu.

January 2020

awal program dimulai, untuk bulan pertama Dede memberikan hadiah keteman-teman adalah berupa penghapus lucu berbentuk kue, target pemberian hadiah girls, karena boys pasti ngak suka sama benda yang unyu-unyu seperti ini, hehehe.

Penghapus berbentuk kue

bulan kedua, hadiah yang dipilih dede adalah pensil mekanik bermotif batik beserta isinya, target semua teman sekelas Dede (Boys and girls)

bulan ketiga berupa notes, berbentuk buah, notes ini, karena sudah mulai SFH, maka beberapa notes tidak berhasil diberikan.

notes berbentuk buah (diambil dari foto market place)

sayangnya mulai bulan April, karena sudah full SFH kegiatan ini berhenti untuk sementara, mudah-mudahan bila situasi mulai normal, program ini terus berlanjut.

Harapan Ayah, dengan program ini, Dede Ran bisa lebih peka dengan sesama, selalu bisa memberi kepada teman-teman, kepada orang yang membutuhkan. karena memberi tidak harus dengan uang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s