Urus tilang yuk

23 Juli 2019

lagi asik-asiknya boncengin Bunda, untuk anter ke kantor, tetiba di Depan ada beberapa Polisi lalulintas memberhentikan motor-motor yang lewat, ada apa nih, ujar Ayah dalam hati, apa ada pemeriksaan ya. Ayahpun mengikuti instruksi Pak Polisi untuk menepi. ternyata eh ternyata, Ayah melanggar lalu lintas, waduh, kok bisa?

usut punya usut, underpass Pramuka ternyata tidak boleh untuk motor, padahal Ayah terbiasa lewat situ, dan sepertinya tidak pernah melihat tanda larangan masuk untuk motor, apa tandanya tidak terlihat ya. Ya sudahlah, tokh sudah tercyduk, SIM C pun diambil pak Polisi, dan Ayah mendapat slip tilang sebagai gantinya.

dan pak Polisi bilang agar hadir di pengadilan tanggal 2 Agustus 2019 pukul 8.00 untuk memproses tilang ini.

berhubung ini kali pertama Ayah ditilang, Ayah bingung apa yang harus dilakukan, jadi deh Ayah tanya teman, bagaimana memproses tilang, dan kebanyakan menjawab, langsung di proses saja di Kejaksaan selisih beberapa hari setelah tanggal pengadilan, untuk case Ayah, tanggal pengadilan adalah tanggal 2 Agustus, Ayah ke Kejari Jakarta Pusat tanggal 5 Agustus. karena jika kita ke Kejari sebelum tanggal sidang, kemungkinan berkas belum ada di Kejari.

Alur proses Tilang Jakarta Pusat

pastikan juga sebelum ke Kejari cek nama kita di Web http://pn-jakartapusat.go.id/tilang, apakah namanya sudah ada? selain nama, juga ada biaya Denda yang mesti dibayarkan.

5 Agustus 2019

setelah nama di list tilang sudah ada beserta nilai Dendanya, berangkatlah Ayah menuju Kejari Jakarta Pusat di daerah Kemayoran. Usai parkir motor, Ayah lihat ada kerumunan antrian di depan Kejaksaaan, ternyata itu antrian untuk penyerahan slip biru beserta bukti bayar.

Kerumunan antrian di depan Kejari Jakarta pusat, sambil menunggu, kamu juga bisa makan siomay

Gimana nih dapetin bukti bayarnya, ayah bertanya-tanya? ternyata untuk bukti bayar, harus dibayar lewat ATM Mandiri, ada menunya untuk membayar tilang. kebetulan di area Kejari (dekat kantin) ada ATM Mandiri yang khusus dipergunakan untuk membayar denda tilang.

letak ATM Mandiri di Kejari Jakarta Pusat

ini langkah-langkahnya, mudah kok.

kalau tidak punya ATM Mandiri, dikantin juga ada yang menyediakan jasa untuk membayar denda, tentunya dengan tambahan biaya.

usai bukti bayar dari ATM didapat, Ayah segera menyerahkan slip biru beserta bukti bayar tersebut ke petugas dibagian depan

penyerahan slip biru beserta bukti bayar

seteah menyerahkan Slip biru dan bukti bayar, kita akan mendapatkan nomor antrian

nomor antrian

usai menerima nomor antrian, tinggal menunggu nama kita dipanggil dibagian dalam

Antrian dibagian dalam setelah mendapat nomor

akhirnya setelah menunggu, nomor antrian Ayahpun dipanggil, dan kembalilah SIM C Ayah kepangkuan, Alhamdulillah.

SIM C Ayah kembali

total proses penyerahan slip biru sampai mendapatkan SIM tidak sampai 1 jam, cukup cepat dan mudah prosesnya. jadi yuk urus tilang sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s