Renovasi jendela samping rumah

28 October 2019

Sebenarnya sudah lama mau renov dan merubah penampakan jendela samping di rumah, selain karena jendela yang sudah mulai lapuk termakan usia, cuaca dan rayap, Ayah dan bunda merasa butuh space tambahan salah satunya untuk menempatkan alat olahraga.

Jendela samping setelah di renovasi

Karena rayap di area rumah ini cukup ganas, menyebabkan beberapa kusen, termasuk kusen jendela samping habis dimakan rayap, berikut foto kusen depan yang dimakan rayap, kira-kira kondisi jendela samping mirip seperti ini.

Jendela depan yang rusak dimakan rayap

Jendela samping ini menghubungkan ruang keluarga dan ruang makan dengan area outdoor. fungsi jendela samping ini selain untuk sirkulasi udara juga untuk masuknya sinar matahari, jadi saat disiang hari, tidak perlu menyalahkan lampu, karena cahaya yang masuk cukup banyak. karela letaknya di outdoor, menyebabkan kusen dan jendela samping lebih cepat lapuk dibandingkan bagian lainnya, berikut penampakan jendela samping yang masih belum di renov,

Jendela samping sebelum di renovasi

Setelah tukang yang akan mengerjakan available, jadilah program pemugaran dan penggantian fasad jendela samping dimulai. pertama-tama, dilakukan pembongkaran kusen jendela samping yang sudah lapuk dan hancur dimakan rayap.

pembongkaran jendela

Setelah pembongkaran, aktivitas dilanjutkan dengan pembuatan fasad jendela baru, tentunya dengan tidak melupakan fungsi dan estetika. Pada bagian atas kusen dibuat lubang angin yang cukup lebar agar sirkulasi udara bisa tetap baik. kemudian pada bagian kanan jendela, akan dilakukan pengecoran, untuk menambah space. meskipun bagian kanan jendela sudah tertutup dengan atap cor-cor-an, fasad dibuat sama dengan jendela sebelah kiri, ini dimaksudkan agar penampakan lebih cantik.

Pemasangan keramik dan perubahan fasad jendela

Pada bagian luar tembok, dipasang keramik yang motifnya mirip batu alam, sebenarnya waktu itu masih dilema apakah mau memasang batu alam atau keramik yang motifnya mirip. akhirnya agar lebih efisien keramiklah yang dipilih. keramik untuk bagian luar ini menggunakan Roman Interlock.

usai fasad selesai dan keramik terpasang, selanjutnya adalah pemilihan kusen, perbedaan pemasangan kusen alumunium dan kayu adalah pada waktunya, kusen kayu bisa dipesan sebelum tembok diaci atau dihaluskan. karena kusen kayu biasanya ditanam bersamaan dengan tembok. sedangkan untuk kusen alumunium, baru bisa dipasang setelah tembok dihaluskan/diaci. Agar kejadian kusen dimakan rayap tidak terulang, Ayah dan Bunda sepakat memilih tipe kusen Aluminium. Selain urusan kusen, agar ada kesan “hijau”, kita tambahkan rumput sintesis pada sebagian tembok

usai pemasangan kusen dan rumput sintesis

dan untuk sentuhan terakhir yaitu pemasangan gorden.

before & after renovasi fasad Jendela samping

dengan renovasi ini, tampilan jadi lebih cantik, dan De Saputro makin betah berlama-lama dirumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s