Main-main ke museum Doraemon eh Fujiko F Fujio museum

12 April 2019

waktu sudah menunjukkan pukul 13.00, padahal seharusnya pukul 12.00 De Saputro sudah meninggalkan kawasan Odaiba dan berangkat ke Museum Doraemon, eh Fujiko F Fujio Museum. sepertinya keasyikan main di markas Gundam sampe kita lupa waktu.

Dede Ran, Mas Nara & Doraemon at Fujiko F Fujio Museum

dengan sedikit tergesa-gesa kita segera ke stasiun terdekat. perjalanan dari kawasan Odaiba ke Fujiko F Fujio Museum membutuhkan waktu 1 jam perjalanan, ini berarti sampai Fujiko F Fujio Museum sudah pukul 14.00 lewat.

Fujiko F Fujio adalah kartunis asal Jepang yang dari tangannya lahir komik Doraemon yang episodenya banyaaaaak banget. untuk mengenang jasanya, dibuatkan Museum yang berisi hasil karyanya yang masih berupa sketsa, buku-buku dan kisahnya. karena Dede Ran merupakan salahsatu fans Doraemon, jadi Ke Jepang tanpa ke Museum Doraemon berasa hambar, hehehe.

jadilah dari jauh-jauh hari Ayah sudah pesan ticket Fujiko F Fujio Museum ini di web. ini dia urlnya http://fujiko-museum.com/english/. selain pesan lewat online, temen-temen juga bisa pesen di lawson di Jepang. tapi Ayah lebih prefer untuk pesan via online saja, karena ada yang versi englishnya. saat pesan tiket ke museum ini, kita wajib memasukan rencana kapan kita akan kesana, beserta jam masuknya. dan Ayah sudah pilih yang masuk pukul 14.00, oleh karenanya kita sedikit buru-buru agar tidak telat sampai disana. info yang Ayah dapat, kita harus hadir 15 menit sebelum waktu masuk. Harga tiket masuk ke Museum Fujiko Dewasa :1000 Yen dan anak-anak : 500 Yen

tiket masuk Fujiko F Fujio Museum

meskipun kita sudah secepat mungkin ke Museum (menggunakan kereta), De-Saputro baru sampai stasiun Noborito pukul 14.00 lewat, belum lagi naik Bus ke stasiun, ditambah lagi Dede Ran perlu bertapa (baca : buang air besar) di stasiun Noborito. saat itu Ayah berfikir, ya sudahlah, mungkin bukan rezeki bisa lihat museum Doraemon kali ini, kita lihat-lihat saja bagian luarnya ya De.

Noborito station way to Fujiko F Fujio Museum

Dari stasiun Noborito, perjalanan dilanjut menggunakan bus Doraemon, serius bukan Bus biasa, tapi bus khusus yang menjemput dari stasiun noborito ke museum dan sebaliknya. sebelum naik bus lihat-lihat jadwal Bus Doraemon dulu di halte, biar tau kapan schedule pemberangkatan berikutnya.

lihat jadwal Bus Doraemon bersama mas Nara

Tidak lama kemudian, Bus transjakarta, eh Bus Doraemon yang akan mengantar ke museumpun tiba. Busnya penuh gambar karakter kartun yang dibuat oleh sang kartunis Fujiko F Fujio, ada dorami, shizuka, Nobita, Kintetsu dan pastinya Doraemon.

Bus Doraemon yang mengantar ke museum, lucu kan?

Kira-kira pukul 14.30, sampailah De Saputro di Museum. Sambil menunjukan tiket yang sudah diprint, Ayah segera menginformasikan ke petugas yang berjaga, bahwa kita telat, kita seharusnya masuk jam 14.00, apa kita masih boleh masuk? mungkin karena kasihan sudah jauh-jauh dari Indonesia datang kesini, mereka mengijinkan Ayah, Bunda, Mas dan Dede masuk kedalam Museum, Alhamdulillah. karena kita “telat” masuk, berasa saat masuk museum, seperti private tour, hehehe.

di dalam Museum Fujiko F Museum kita tidak diperbolehkan mengambil gambar atau foto dan Video. Saat masuk kita akan diberikan sejenis headset dengan playernya, player ini berisi penjelasan masing-masing lokasi didalam Museum, pastikan pilih yang versi English ya, kalau kamu belum mengerti bahasa Jepang. Setiap tempat/gambar akan ada nomor-nomornya, jika kita ingin tau penjelasan nomor-nomor itu kita tinggal tekan player nomor tersebutgimana masih bingung ya? misal saat kita sampai lokasi nomor 1, ada sketsa gambar doraemon yang berwarna biru, nanti di player ketika kita tekan angka 1, akan dijelaskan kejadian apa yang melatar belakangi kenapa warnanya menjadi biru, dan seterusnya.

di Museum ini kita bisa melihat, bahwa pembutan komik pada saat itu masih manual dan butuh lama, dari mulai sketsa setiap halaman, kemudian diwarnai, dan diberikan teks tulisan, semua masih menggunakan tangan. di Museum ini juga diceritakan kalau sebelum seri Doraemon, ada beberapa komik lain yang sudah dibuat sang Kartunis, namun kurang sukses. mulai lantai 2 kita sudah diperbolehkan mengambil gambar. dilantai ini ada tempat untuk membaca komik Doraemon yang masih berbahasa Jepang, ada mini teater atau bioskop mini, dan beberapa permainan anak.

Dede Ran sedang membaca komik diruang baca

di lantai dua ini kita juga menonton film yang tidak tayang diluar, jadi hanya bisa ditonton di mini teather disini. sayangnya semua bahasa masih dalam bahasa Jepang, tapi overall bisa mengerti alur ceritanya.

ini dia film yang kita tonton di bioskop mini

Naik lagi ke atas, akan kita dapati area terbuka yang luas dan kantin tempat makan, di area terbuka inilah ada beberapa karakter Doraemon, dan tempat doraemon

Ayah, Mas Nara, Dede Ran dan Doraemon di lapangan bermain
bersama kintetsu di bukit belakang sekolah

disini Dede Ran, bertemu karakter favoritnya di Doraemon, yeahhh Dorami-chan

happy banger ketemu karakter favoritnya

disini juga ada Piisuke, ituloh episode yang menceritakan dinasaurus yang tidak sengaja ditemukan Nobita, yang akhirnya dirawat Nobita sampai menjadi besar

Mas Nara, Dede Ran, Doraemon, Nobita dan Piisuke

jangan lupa makanan favorit Doraemon, Dorayaki. disini juga dijual loh

Bunda, dan Dede Ran makan Dorayaki bersama Doraemon

Ok saatnya pulang ke Indonesia menggunakan pintu kemana saja, hehehe

Dede Ran dan pintu kemana saja

setelah bermain dengan beberapa karakter Doraemon dan pakai alat doraemon, saatnya kembali ke hotel. oh iya, saat akan keluar museum ini, ada banyak aksesoris bergambar karakter Doraemon yang bisa dibeli, ada alat tulis, buku, notes, kota musik dan lain-lain.

yuuk main-main ke Museum Doraemon, eh Fujiko F Fujio Museum

2 pemikiran pada “Main-main ke museum Doraemon eh Fujiko F Fujio museum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s