Olimpiade TIK Nasional

2 November 2019

hari ini Mas Nara berencana mengikuti Olimpiade TIK Nasional yang diadakan di JCC. bersama Mas Nara ada 3 orang lagi yang juga ikut bersamanya, kategori yang diikutipun berbeda-beda yaitu membuat presentasi dan membuat game, sebenarnya ada beberapa kategori, tapi sekolah Mas Nara, hanya mengikuti 2 kategori ini.

Mas Nara dengan peserta lain dan salahsatu pembimbing

beberapa minggu sebelumnya, Mas Nara dan beberapa teman di kelasnya diminta membuat slide presentasi, dengan menggunakan bekal laptop Bunda, Mas Nara pun membuat slide presentasi versinya sendiri (membuat background, mengatur tampilan dan lain-lain), Ayah dan Bunda hanya memberi beberapa tips cara menggunakan power point. untuk kategori anak SD Ayah kagum dengan kemampuan mas, terutama ide mengenai background dan tampilan, benar-benar ngak terfikirkan oleh Ayah, istilahnye out of the box.

seminggu kemudian, baru diinformasikan, ternyata slide presentasi yang dibuat oleh Mas, dan beberapa temannya dikirimkan untuk diperlombakan dalam ajang Olimpiade TIK Nasional, dan hasilnya, dari beberapa orang tersebut, untuk kategori SD, Mas Nara dan salahsatu temannya berhak melanjutkan ke babak selanjutnya.

ternyata selain membuat slide presentasi, ada juga kategori membuat game, dan 2 orang adik kelas Mas ikut melanjutkan ke babak selanjutnya, jadi dari Sekolah Mas ada 4 orang yang akan ikut berkompetisi di Jakarta Convention center (JCC)

Mas Nara, dan 3 rekan lainnya bersama 2 guru pembimbing ICT

Meskipun waktu berkompetisi pukul 8 lewat, namun agar tidak terlambat sampai JCC, team ICT berangkat pukul 06.00 pagi,

orangtua murid diberi opsi, bisa ikut atau tidak, berhubung lombanya tepat di seberang kantor Ayah, jadi deh Ayah dan Dede ikut serta menggunakan mobil terpisah (Konsumsipun jadi terpisah, alias tidak berhak dapat konsumsi, hehehe).

sesampainya di JCC, anak-anak dari sekolah lain sudah ada yang sampai, kebanyakan duduk di depan JCC yang belum dibuka. Ajang Olimpiade TIK ini ternyata berbarengan dengan Indocomtect 2019. Semakin siang, peserta yang datang semakin ramai. dan akhirnya JCC dibuka, dan peserta Olimpiade dipersilakan masuk, team pendukung seperti orang tua murid mengantri di booth tiket masuk.

semakin siang peserta semakin ramai

sambil menunggu antrian di booth tiket masuk berkurang, Ayah dan Dede coba-coba melihat area sekitar, apakah ada yang bisa di makan pagi ini sebelum masuk ke dalam JCC. sayang oh sayang area food court yang terletak persis di sebelah JCC belum pada buka, jadi deh ekplorasi dilakukan ke area yang lebih luas, Alhamdulillah menemukan stand penjual popmie di pojokan. dan akhirnya raungan kelaperan Dede Ayah taklukkan dengan satu cup popmie.

Dede Ran dan cup Popmie

setelah perut terisi, kita kembali menuju JCC untuk membeli tiket dan masuk ke area JCC. sebelum mencapai area tempat lomba TIK diadakan, kita harus melewati stand-stand di Indocomtect, wah nanti kalo Mas Nara sudah selesai lomba, kita bisa lihat-lihat pameran nih.

dan sampailah di area Olimpiade TIK, beberapa juru kamera sudah bersiap mengabadikan peristiwa ini, dan Ayah berbekal kamera HP tak mau kalah untuk ikut berpartisipasi.

persiapan lomba
yang lain nyiapin buat lomba, Mas malah nge googling, hehehe

kurang lebih satu jam peserta lomba mengotak-atik laptop, dan saatnya pengumpulan hasil untuk penilaian. informasi yang Ayah dapat, hasilnya baru diumumkan besok, jadi deh, sebelum lomba untuk kategori lain dimulai, Ayah foto-foto dulu.

Mas dan Dede di Ajang Olimpiade TIK

usai lomba kategori membuat presentasi selesai, tak lamapun lomba membuat game selesai, jadideh bisa foto bersama team, dan pak Guru pembimbing.

Mas bersama teman-teman satu sekolah dan salahsatu guru pembimbing

terimakasih untuk bantuan guru-guru pembimbing yang sudah membimbing, memberi kesempatan dan memberikan ilmunya untuk kami.

usai lomba, dan makan tentunya, salahsatu guru pembimbing memberi info, bahwa acara lomba sudah selesai, untuk hasil nanti akan diinformasikan. sekarang sudah free time, mas Nara bisa ikut bersama mobil dari sekolah atau bisa langsung bersama Ayah. jadi deh sebelum kembali menuju kota Depok tercinta, Ayah sempatkan dulu melihat pameran Indocomtect bersama Mas dan Dede.

apa sudah sarapan pagi ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s