Our 10K running event

15 July 2018

bisa dibilang ini kali pertama Ayah dan Bunda mengikuti event lari, sengaja cari event yang lokasinya dekat dengan rumah, supaya ngak ribet preparationnya, ngak perlu nginep atau booking hotel jauh-jauh hari, transportasipun cukup naik motor tidak perlu pesan pesawat. Eventnya diselenggarakan hampir tiap tahun, nama eventnya BNI-UI Half Marathon, meski judulnya half maraton atau 21KM, tapi Ayah dan Bunda ikut kategori 10K atau 10KM, tau diri deh, daripada cedera, cari yang memang kita sanggup menjalaninya.

10K finisher medal

Seumur-umur belum pernah lari sampai 10KM, paling jauh paling 8KM, apalagi beberapa bulan terakhir kurang berolahraga, namun dengan tekad yang kuat, Ayah sepakat untuk mencobanya. Usai sholat Shubuh, Ayah dan Bunda menggunakan SX125 segera melaju menuju stasiun Pondok Cina, karena setelah dilakukan pengecekan lebih detail titik ini yang lokasinya paling dekat dengan start larinya (event lari dipusatkan di dekat balairung). oh iya, buat teman-teman yang belum pernah ikut BNI-UI half marathon, sejak malam sebelum event lari dimulai, untuk sterilisasi, kawasan UI akan ditutup, jadi tidak bisa masuk UI dengan membawa kendaraan. untuk rekan yang membawa mobil, biasanya parkir diarahkan ke Depok town square atau Margocity.

saat turun motor, sudah banyak pelari dengan baju kuning-kuning yang diberikan panitia menuju kearah Balairung, beberapa menggunakan baju lari komunitas mereka. ada 3 kategori lari di BNI-UI half maraton ini, yang pertama kategori half marathon (21KM), 10KM dan 5KM. urutan berlarinya dimulai dari kategori 21KM, kemudian dilanjut 10KM dan terakhir 5KM, masing-masing kategori ada batas cutoff time (waktu minimal untuk berlari), jika melewati waktu tersebut, pelari dianggap gagal, dan terdiskualifikasi.

sesudah pelari kategori start, saatnya pelari kategori 10K bersiap, berdoa, setting jam dan henphone sebelum mulai, dan tanda untuk berlaripun dimulai

ready to start

pada masa awal, karena masih berdesakan, kecepatan lari tidak terlalu tinggi, masoh bisa Ayah ikuti, namun ketika sudah mulai lengang, beberapa pelari yang pace (waktu pelari yang dibutuhkan untuk mencapai 1KM) cepat segera melesat, saat lari ini Ayah berusaha untuk mempertahankan pace Ayah di 9 menit, namun di event ini entah kenapa pace Ayah bertambah cepat, mungkin karena banyak temannya, Ayah berlari di pace 8 (masih mepet ke 9 sih hehehe).

foto ini sepertinya ter ambil setelah melewati FMIPA

rute yang dilewati yaitu, dari Balairung menuju FKM, belok di boulevard yang ke arah BNI (dulu), kemudian berputar diujung dan lanjut kearah FMIPA- menara air, perpus pusat, Fasilkom-FH-FPSI-FISIP, FE dan berputar di FE (sekarang FEB), lanjut melewati FISIP, FPSI dan berbelok kearah stasiun UI lanjut terus sampai halte dekat gerbatama, kemudian berputar balik. menuju stasiun UI, FH, halte Balairung, FKM, FMIPA, dan belok ke arah menara air, kemudian ke arah balairung tempat start pertama kali.

mulai Kilometer ke 4, Ayah mulai ngos-ngosan, puncaknya adalah saat di dekat halte Gerbatama, indikator heart rate sudah sampai maksimum (melebihi Vo2Max), dan akhirnya ayah pelankan pace Ayah, dan kembali ke pace awal ketika sampai water station dekat FH, saat sampai FKM ada team yang memberi semangat, Ayo sebentar lagi, membuat semangat Ayah terpacu kembali, pace mulai menurun bahkan sampai seperti jalan kaki, saat dari FMIPA berbelok kearah manara air, rute itu memang menanjak, Ayahpun sudah ngos-ngosan

sudah mulai lelah dan pace menurun

menjelang garis finish, bunda menyemangati Ayah untuk mempercepat lari kita sampai finish line

menjelang garis finish, kita percepat lari kita

dan sampailah Ayah di garis finish

akhirnya finish Alhamdulillah
masuk ke pace 8 meskipun mepet ke 9, hehehe

setelah lari usai, Ayah segera beristirahat, makan pisang untuk memulihkan stamina dan minum ion water. setelah beristirahat, beberapa pelari menyaksikan acara dipanggung yang disediakan, ada beberapa entertainer yang menghibur pelari, sehingga suasana bisa lebih santai. di food court juga ada beberapa truckfood yang menyediakan makanan yg maknyuss dan laziz, sayangnya tidak free, hehehe. terakhir saatnya foto-foto dengan latar belakang Icon kampus UI

our running 10K

our 10K running Medal

itu pengalaman pertama event lari Ayah dan Bunda, bagaimana pengalaman larimu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s