Gundam Ganti sepatu

22 December 2017

menjelang perpanjangan STNK Gundam per lima tahun, jadi teringat kalau sepatu Gundam sudah 5 tahun menemani, lihat sekilas penampakan sepatu Gundam kembang ban masih ok, cuma sedikit retak terutama sepatu bagian depan. niatnya sih nanti-nanti aja ganti ban atawa sepatu Gundam, namun karena kita berencana membawa Gundam keluar kota, supaya tidak was-was khawatir ban pecah, jadilah plan penggantian sepatu atawa ban Gundam di realisasikan dalam waktu yang cepat dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya

sepatu lama Gundam

sebelum pembelian sepatu Gundam dilakukan, cari-cari user experience dulu dari temen-temen Ayah dikantor, karena user experience lebih terasa feelnya buat Ayah. hehehe dan hasil investigasi Ayah, mostly merekomendasikan merk jembatan batu atawa Bridgestone sebagai ban pengganti Dunlop yang setia menemani Gundam sejak awal 2012.

Selanjutnya googling toko ban di area kota Depok tercinta yang terdekat dan yang tidak kalah penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak adalah harga. dari beberapa web untuk area Depok, banyak yang merekomendasikan Mandiri Jaya Ban, kebetulan lokasinya dekat dengan rumah, jadi deh Ayah cari nomor telpun toko ini untuk tanya-tanya harga dan waktu buka/jam operasional toko.

lokasi Mandiri Jaya ban

untuk sepatu Gundam atawa Grandlivina ukuran standardnya 185/65 R15, ukuran yang cukup banyak di pasaran karena banyak dipakai mobil MPV lainnya, dan berikut hasil tanya-tanya ke toko Mandiri Jaya Ban

Dunlop 185/65 R15 SP300 : 625rb

Bridgestone Turanza :900rb

harga diatas adalah harga persatu ban dan sudah termasuk biaya bongkar pasang, balancing dan isi nitrogen.

sebenarnya Ayah naksir sama Bridgestone Turanza, namun karena selisih harganya untuk 4 sepatu cukup lumayan yaitu selisih satu juta lebih, which is kalo dibeliin cilok bisa dapet buanyaaak, jadilah diputuskan untuk ganti sepatu yang sama dengan merk dan tipe sebelumnya. Toh selama hampir 5 tahun menemani si Dunlop tidak pernah bermasalah, tidak pernah bocor ataupun ditambal, cukup isi nitrogen atawa angin aja di tukang tambal ban.

Sabtu, 23 December 2017

setelah tau merk dan tipe ban yang akan dibeli serta toko yang menjualnya, mumpung sudah masuk libur panjang, pagi ini bersama Dede Ran, Ayah menuju ke Mandiri Jaya ban untuk membeli sekaligus mengganti sepatu Gundam.

dari hasil telpun-telpun perkemarin, dapat info Mandiri Jaya Ban buka jam 7.30, waah pas nih masih segeeer dan lalulintas di jalan margonda belum terlalu padat.

sesampainya di toko Mandiri jaya ban, baru ada satu mobil yang sepertinya ingin mengganti sepatu juga, jenisnya mirip dengan si Gundam, Grandlivina. setelah Gundam terparkir langsung tanya-tanya harga si Dunlop SP300 yang sudah diincar kemarin, dan ternyata stock Dunlop SP300 habis, waduhhh, ganti apa nih? belum sempet banyak googling nih, masa rencana ganti sepatu ditunda. jadi deh tanya-tanya ban yang setipe dengan si Dunlop ini, info dari toko ada beberapa rekomendasi yaitu

Dunlop apa ya, lupa euy, harganya 625rb

Bridgestone Turanza 900rb

Bridgestone Ecopia 675 rb

Bridgestone Techno harga lupa euy

setelah ditimang, diteliti dan melewati sidang majelis pemutusan budget, akhirnya disepakati, sepatu baru Gundam diganti menjadi Bridgestone Ecopia .

sepatu baru Gundam bridgestone Ecopia.

setelah deal atawa disepakati, Ayah pastikan lagi semua ban yang akan dipasang merupakan produksi baru (tahun 2017), bukan produksi lama. karena umur ban berpengaruh terhadap kelenturan ban. dan konon ada batas kadaluarsa umur ban, info yang beredar yaitu 3 tahun. jadi pastikan tahun produksi yang akan digunakan.

kode produksi ban

setelah pengecakan tahun pruduksi ban, langsung deh pembongkaran sepatu lama Gundam dimulai. bongkar sepatu lama dan diganti dengan sepatu baru. setelah sepatu baru terpasang di velg Gundam,  semua roda dilakukan balancing.

balancing ban dengan alat balancing.

dengan alat balancing ini, bisa diketahui lokasi dan banyaknya timah yang mesti ditempel di velg agar rotasi roda sempurna.

setelah keempat roda dibalancing, lanjut pengisian Nitrogen untuk ke empat ban.

isi nitrogen

tekanan normal untuk ban berkisar 33-35, selesai isi nitrogen keempat sepatu barupun dipasangkan ke Gundam. tambah ganteng dan pede nih si Gundam melibas jalanan nusantara dengan sepatu baru.

apa kamu sudah ganti sepatu mobilmu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s