Akhir tahun, saatnya bongkar celengan

31 December, 2017

setiap menjelang akhir tahun, De Saputro punya satu rutinitas yang jarang dilewatkan, yaitu bongkar celengan bersama. program celengan sekeluarga ini sudah dua tahun berjalan. Alhamdulillah hasilnya cukup menggembirakan.

Bongkar celengan tahun kemarin.

untuk urusan menabung sebenarnya, sudah lama Ayah latih mas Nara dan dede Ran untuk menabung, menyisihkan sebagian uang yang dimiliki (https://gyannara.wordpress.com/2012/01/03/menabung-yuk/).

namun karena mulai tahun ini dede Ran rutin mendapat uang saku, jadilah Ayah semarakan lagi program menabung bersama ini. supaya lebih semangat, Ayah coba buat celengan untuk semua anggota keluarga. supaya lebih go green dan tidak perlu memecah celengan tiap akhir tahun (padahal biar costnya biaa lebih hemat, hehehe), celengan dibuat dari kaleng bekas makanan ringan Rondoletti, cukup membolongi bagian atas/tutup kaleng untuk tempat memasukan uang. jadilah celengan De Saputro

celengan de Saputro

di program menabung bersama ini, Ayah coba tanamkan kebiasaan baik ke mas Nara dan Dede Ran untuk menabung.

melatih untuk disiplin menyisihkan uang saku untuk menabung

melatih untuk lebih menghargai uang yang diberikan.

melatih untuk menjaga mainan atau barang yang dibeli dengan hasil jerih payah menabung.

untuk point disiplin, hasilnya cukup lumayan, meskipun masih suka lupa untuk menabung, namun jika diingatkan, dede Ran bisa lebih disiplin menyisihkan uang saku, sekian untuk menabung, sekian untuk infaq di sekolah dan sekian untuk jajan. kalau mas Nara sepertinya porsi untuk jajannya lebih besar daripada untuk menabung dan infaq, jadi tabungan seringkali dari sisa-sisa uang jajan.

untuk point menghargai nilai uang dan menjaga mainan atau barang, mas Nara sudah mulai mengerti dan menghargai nilai uang, setiap mau membeli sesuatu, dia sering berhitung dahulu effort yang perlu dilakukan, dan selalu menjaga mainan yang dibelinya dengan susah payah. kalau dede Ran masih belum terlalu paham nilai uang, namun untuk menjaga mainan dan barang, dede Ran sudah mulai paham dan menjaga barang/mainan miliknya.

melihat perkembangan yang baik, Ayahpun ikut terbawa kebiasaan baik ini, jika ada uang berlebih atau sisa uang dari sisa uang operasional rumah tangga, sebisa mungkin Ayah sisihkan masuk ke celengan. dan saat membuka celengan, diakhir tahun saat membuka celengan cukup kaget juga dengan uang yang terkumpul.

bongkar celengan tahun ini

kayaknya perlu menularkan kebiasaan baik ini ke Bunda, soalnya dari semua celengan, cuma celengan Bunda yang isinya uang koin (pecahan 500 dan 1000) semua, hehehe.

tambah anggota baru

Insya Allah tahun depan ada anggota baru celengan de Saputro, anggota itu bernama Infaq, cuma masih bingung apakah anggota baru ini baru dibuka di akhir tahun saja, tiap bulan atau tiap minggu. sambil menunggu metode yang akan di berlakukan untuk anggota baru, yuk kita nabung

de Saputro dengan anggota baru

sudahkah kamu menabung?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s