Road to club seventy part 1 (sumpah nasi Bebek)

‚ÄčTulisan ini dibuat untuk share pengalaman Ayah saat menjalani program penurunan berat badan, mudah-mudahan bisa jadi inspirasi teman-teman yang sedang berjuang menurunkan berat badan, atau minimal jadi pengalaman Ayah yang bermanfaat seandainya Ayah ingin menurunkan berat badan lagi.

– W3 2017, atawa pekan/minggu pertama diet
18 January 2017

Berhubung program diet dimulai tanggal 18, jadi mulai di week ke 3 atawa minggu ketiga.

seperti yang sudah-sudah, program penurunan berat badan dimulai dengan program OCD, skip sarapan pagi atawa tidak sarapan pagi, hanya makan siang dan makan malam. buat yang belum tau program OCD ini, untuk pemula dimulai dengan jendela makan 8 jam (start makan jam 12 siang dan stop makan jam 20.00 atawa jam 8 malam), kalau dihitung 20.00-12.00 : adalah 8jam. daan karena Ayah sudah pernah coba metode ini, supaya lebih menantang, Ayah coba buat rule, makan malam sebelum jam 6 sore. jadi kalau makan siangnya jam 12 siang, jendela makannya menjadi 6jam (18.00-12.00=6).

Minggu pertama biasanya minggu yang cukup berat, terutama buat dieter yang baru mengikuti program penurunan berat badan. disinilah pengujian apakah perubahan kebiasaan yang “menyiksa ” diri berhasil dilewati.

begitupun Ayah, wong biasanya setiap pagi perut ini dimanjakan soto Ayam, nasi uduk, lontong sayur, bihun goreng, mie ayam dan temen-temennya, eh tau-tau mulai minggu ini dilarang makan apa-apa. jadilah perut rasanya menjerit minta diisi hehehe. untuk mengatasinya, setiap perut menjerit, Ayah langsung minum infused water, atau teh ijo biar perut ngak menjerit. mungkin dalam hatinya siperut bilang, sialan nih si bos dibohongin gue, hehehehe.

selain semangat, motivasi kita juga berperan untuk terus melanjutkan program penurunan berat badan atau mengikuti hawa nafsu.

Alhamdulilah minggu pertama bisa dilewati, diminggu pertama ini sangat sulit menolak cemilan, ada saja cemilan yang datang. apalagi cemilannya berasal dari teman-teman yang baru pulang dari luar kota, kapan lagi ada makanan khas daerah yang free, hehehe.

Minggu pertama ini diintensifkan diet OCDnya, olahraga sendiri baru sedikit, cuma sepeda statis 2x saja. dan zumba 2 x, Alhamdulillah berat badan bisa turun. pengalaman tahun sebelumnya, dengan ikut program OCD (skip sarapan pagi), memang berhasil menurunkan cukup banyak berat badan.

hasil berat badan pekan ini turun 4.3KG (93.9-89.6), angka yang fantastis diminggu pertama.

selain berat badan, tahun ini Ayah juga mencoba mengukur lingkar pinggang, maaf ada penampakan puser.

dan ini hasil penurunan lingkar pinggang minggu ini (lumayan turun 3cm) dari 122cm ke 119cm.

Ayah usahakan setiap akhir pekan, hari sabtu dan hari minggu merupakan hari reward. dan reward pekan ini adalah, bakso dan Mie Nissin Gekikara

Bakso dan Mie Nissin Gekikara

W4,atawa pekan kedua jalanin diet

23 Jan 2017

Diminggu ini, Ayah sudah mulai terbiasa menjalani OCD, dan tidak baperan lagi. olahraga mulai di tingkatkan, terutama sepedaan dipagi hari, total lama waktu bersepeda minggu ini (selama 7 hari) yaitu 294 menit dengan total jarak 56.62KM, averagenya 42 menit perharinya. selain olahraga sepeda, Ayah juga melakukan zumba di sore hari 1 x selama seminggu.

untuk makanan, Ayah mulai mengganti makan malam yang sebelumnya ada nasi menjadi buah.

Alhamdulillah minggu ini berat badan Ayah turun 1.1KG menjadi 88.5

kalau penurunan lingkar pinggang cuma 0.5cm (dari 119cm ke 118.5cm), meskipun sedikit yang penting ada penurunan. penampakan puser mulai dihilangi, hehehe. dan reward pekan ini lagi lagi Bakso, tapi temennya ganti

Bakso dan gule kepala ikan

W5, atawa pekan ke tiga jalanin diet

30 Jan 2017

Minggu ini, selain bersepeda, Ayah juga memulai Tabata (yang belum tau tabata bisa lihat disini https://gyannara.wordpress.com/2017/04/08/tetap-sehat-tetap-semangat-supaya-kita-bisa-jalan-jalan-dan-makan-makan-pokoke-maknyusss/ ), meskipun belum semua gerakan tabata bisa diikuti, lumayan masih bisa mengikuti 4 set. Untuk Makanan, cenderung tidak banyak berubah dibanding pekan sebelumnya, malah cenderung banyak mengkonsumsi cemilan, hehehe

ini dia asupan makan Ayah minggu ini

dan berikut hasil pengukuran di akhir W5 atawa minggu ketiga jalanin diet

Alhamdulillah turun 1.6KG, dan lingkar pinggang turun 1.5 cm (118.5 ke 117)

karena penampakan puser terlalu ekstrim hehehe, mulai minggu ini penampakan lingkar pinggang cukup dari luar kaos saja.

W6, atawa minggu ke empat jalanin diet

6 Feb 2017

LCD

Minggu ini Ayah mulai coba terapkan LCD (Low carbohydrate diet) apaaan tuhhhh? bahasa kerennya kira-kira membatasi karbohidrat yang dikonsumsi. karbohidrat, apa aja tuh, salah duanya  yaitu : Nasi,makanan yang berasal dari tepung-tepungan, roti, mie, dan teman-temannya.

oke sekarang porsi karbohidrat yang Ayah konsumsi dikurangi, jadi setengah atau sepertiga dan sebagai ganti berkurangnya nasi, lauk dan sayurnya dibuat lebih banyak supaya perut merasa kenyang.

OCD stop?

kamis minggu lalu sekitar pukul 11, Ayah rasakan pusing, kleyengan kenapa ya nih kok pusing?setelah makan siang sakit kepala mulai hilang. setelah tanya-tanya ke temen-temen, kemungkinan pusing karena asupan makanan Ayah mungkin kurang. Ayah teringat, malamnya dan paginya memang Ayah agak forsir olahraga, dan paginya karena Ayah sedang OCD ayah tidak sarapan. jadilah sejak saat itu, setiap pagi Ayah konsumsi buah (anggur 2 buah) atau apel kecil 1, supaya tidak pusing seperti kemarin. jadilah Ayah tidak fully ikut rule OCD, tapi untuk makan malam masih Ayah batasi sebelum jam 6.

8 Feb 2017

berhubung hari ini ada meeting dengan partner di kantor, diputuskan tidak membawa bekal dari rumah. jadi deh pilih makanan favorit Ayah, Yoshinoya dengan topping cabai, maknyussss itadakimasu

makan yang lumayan fully carbo+ teh manis dulu deh

mudah-mudahan berat badan minggu ini turun sesuai harapan.

masih diminggu yang sama, kebetulan hari ini ngantor dikantornya partner dan posisinya lumayan dekat rumah, jadi deh pulangnya mampir ke somay stasiun pocin, dan penjual somay berhasil menggoda, hehehe. padahal sedang dimulai program LCDnya, hehehehe. beginilah kalau semangatnya masih belum bener, mudah tergoda, hehehe.

lagi-lagi masih di minggu yang sama, kebetulan ada temen kantor yang mengundurkan diri, mbak Dwi namanya, dan dia membagikan dimsum ke semua teman-teman dikantor, Alhamdulillah rezeki eits ternyata dimsum di meja om tri ngak ada yang eksekusi, jadilah sore itu ayah makan dua kotak dimsum.hahhhhhhh???

lagi-lagi, lagi, lagi di minggu yang sama, kebetulan de Saputro sedang ke Bekasi, pas jam makan siang jadi deh mlipir ke bebek Kaleyo harapan Indah

somay, dimsum dan bebek kaleyo

diminggu ini Ayah mulai mengkombinasi olahraga sepeda dengan lari, misal hari ini lari, besok sepedaan, dan begitu selanjutnya.untuk cemilan minggu ini full terisi semua, artinya tiada hari tanpa cemilan. hehehehe

Niatnya mau LCD alias diet karbo, malah minggu ini full makan karbo, Alhamdulilah masih bisa turun 0.5KG

Berat turun 0.5KG dan lingkar pinggang turun hampir 2cm (117cm ke 115 cm)

Reward day

kalo bebek Kaleyo bonus, maka ini dia reward day hari ini, yup mi Ramen, ini masaknya sambil ngecesss, hehehehe

salahsatu makanan Favorit Ayah Mie Ramen Gekikara, untuk reward day mingu ini

 

W7, atawa minggu ke lima jalanin diet

13 February 2017

kalau minggu lalu banyak cheatingnya, minggu ini Ayah coba kembali ke jalur yang benar. namun ternyata eh ternyata, hari rabu ini ada pilkada serentak, jadi deh de Saputro bertandang ke negeri Cirebon, selain wisata ke kota udang ini, Ayah dan Bunda juga berwisata kuliner.

sesampainya di cirebon, Gundam langsung diarahkan menuju ke nasi Jamblang Bu Nur, Ayah yang biasanya skip sarapan pagi, paling banter 1 buah anggur atau setengah buah apel, mumpung di cirebon, Ayah hajar dengan nasi jamblang, cuma porsi nasinya dikurangi.

setelah menikmati cumi hitam dan pepes telur asin, de Saputro menuju ke keraton kasepuhan, daaaaaan pas didepan gerbang ada yang jual tahu gejrot, jadi deh paket dua tahu gejrot. sambil menuju ke banyu panas Palimanan, tahu bulet pun ludes tak terhitung (mungkin 14 biji, hehehe).

selesai mandi di banyu panas, nafsu makan mas Nara berkurang, jadi deh Ayah hajar popmie yang sudah terlanjur di buat untuk mas Nara. sorenya sebelum pulang de Saputro sempatkan untuk mampir ke empal gentong, niat awalnya selain menikmati empal gentong, Ayah juga mau mencoba nasi Lengko, tapi apa mau dikata, perut sudah tidak bisa menampung lagi, jadi nasi lengko next visit ya.

Wisata kuliner cirebon
nasi jamblang+cumi hitam, tahu gejrot dan empal gentong.

untuk olahraga, Ayah improve jarak lari, dan sepedaan, awalnya sedikit pesimis minggu ini bisa turun berat badan, namun timbangan berkata lain, minggu ke lima ini, Ayah berhasil mencapai target yang pertama lebih kecil atau sama dengan 85KG

Alhamdulilah turun 2.6KG (86.4Kg ke 83.8KG), dan lingkar pinggang hanya turun 0.4 (115 cm ke 114.6cm)

Sumpah Bebek

dan karena minggu ini bisa mencapai berat badan 85KG, maka sumpah bebek yang diucapkan sebelumnya (tidak akan menikmati nasi bebek Madura sebelum berat badan mencapai 85KG), berhasil terpecahkan. Alhamdulillah bisa menikmati kembali nasi bebek madura yang maknyussss.

kembali merasakan bebek madura.

akhir minggu ini bisa dibilang Ayah sedikit kalap, selain reward nasi bebek madura, Ayah juga makan duren, indomie porsi besar, dan nasi padang, ditambah cemilan keripik tempe dan kerupuk tahu yang mantaaab. mudah-mudahan minggu depan bisa turun lagi.

bersambung ke part 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s