Layanan terbaik Garuda

Sudah lama Ayah kagum dengan maskapai penerbangan yang satu ini. dibandingkan maskapai lain di negeri ini, bisa dibilang layanan yang diberikan terbaik dikelasnya. Berangkat tepat waktu, self check-in, baggage claim, urutan prioritas saat masuk pesawat, inflight entertainment, dan teman-temannya. Ditambah lagi masuknya Garuda Indonesia sebagai anggota ke 20 di sky team alliance, semakin membuktikan Garuda sebagai salah satu maskapai dengan “layanan terbaik” dikelasnya

inflight entertaintment1

Inflight entertainment, termasuk fitur favorit, meskipun belum semua pesawat Garuda dilengkapi dengan fitur ini.

Terinspirasi dari rekan kerja sekantor, mengenai kelebihan kepemilikan kartu GFF (Garuda frequent flyer) Ayahpun ikut program kepemilikan kartu GFF yang diberikan oleh Garuda. Meskipun jarang terbang, Alhamdulillah Ayah bisa dapatkan kartu GFF kelas silver, kayaknya sih sumbangan saat berkunjung ke negeri sakura dan ke China, hehehe.

Sejak punya kartu GFF, banyak keuntungan yang Ayah dapatkan, misalnya ketika jalur umum penuh antrian, kita bisa pindah ke jalur GFF prioritas, tambahan bagasi atau bisa menikmati lounge Garuda, atau bisa menukarkan perolehan miles dengan tiket atau voucher menginap atau barang yang ada di catalog Garuda, untuk point yang terakhir ini, Ayah ingin share pengalaman Ayah saat menukarkan miles dengan barang yang ada dikatalog.

Proses penukaran miles

Berawal dari akan habisnya masa berlaku GFF dibulan February lalu, Ayah berniat menukarkan perolehan miles dengan barang yang ada dikatalog, lumayan ada sekitar 20rb miles. Setelah melihat item-item yang ada di catalog, selanjutnya pencarian informasipun dimulai.

Untuk teman-teman yang akan melakukan penukaran miles dengan barang yang ada dicatalog, pertama-tama perlu download form penukaran miles untuk non flight reward yang ada diweb GFF, pada form ini, selain data pribadi, kita juga diminta mengisi item yang akan ditukarkan. Berhubung tas eksisting Ayah sudah tidak layak pakai, akhirnya perolehan miles ditukar dengan tas targus.

Setelah formulir terisi, lalu kita kirimkan scan nya via e-mail,

penukaran miles GFF form

Penampakan formulir yang sudah terisi

Setelah menunggu beberapa waktu, Ayah mendapat balasan dari customer care GA onboard sales. Informasinya tas targus yang Ayah akan tukarkan sudah habis stoknya, namun petugas customer care akan mencoba mengusakan item ini, jadilah miles Ayah terpotong untuk tas idaman hati

penukaran miles

Miles yang terpotong untuk penukaran tas targus

Sebulan berlalu, saat Ayah akan menanyakan update status penukaran miles, datanglah email yang ditunggu-tunggu. Sayangnya item tas targus yang Ayah inginkan tidak tersedia, dan customer care menawarkan apakah akan menggantinya dengan item lain. Agar tidak perlu harap-harap cemas seperti penukaran kali pertama, Ayah meminta untuk diinformasikan item yang ready stock,

email 2dan Ayahpun dikirimkan catalog dengan informasi item berikut tidak tersedia.

– All item Targus

– Mitch&Marc Trolley Bag 20”

– Mitch&Marc Trolley bag 26”

Meskipun nilai penukarannya dibawah tas targus yang Ayah inginkan, Ayah putuskan untuk mengganti penukaran miles dengan tas anak kecil bernama trunky. email1

Penampakan korespondensi dengan customer care

Seminggu menunggu, akhirnya Ayah mendapat response dari GAon board, namun bukan kabar gembira yang didapatkan, Ayah justru mendapat informasi kalau tas tersebut juga sudah habis, dan Ayah diminta untuk memilih item lainnya.

email3

Penampakan korespondensi

Kalau saja ini bukan kali kedua penukaran, kalau saja Ayah tidak minta informasi item yang available sebelum memutuskan penukaran di kesempatan kedua ini,kalau saja Ayah lebih bersabar dengan “layanan terbaik” Garuda, mungkin Ayah tidak perlu kecewa, jangan-jangan dikesempatan ketiga nanti, dengan ringannya Ayah akan mendapat informasi yang sama bahwa item tersebut tidak available. dari pada nantinya dikecewakan lagi Ayah putuskan untuk tidak melanjutkan penukaran miles dengan “layanan terbaik” Garuda Mudah-mudahan layanan terbaik Garuda untuk penukaran miles bisa lebih tingkatkan, mudah-mudahan teman-teman yang ingin menukar miles dengan non flight reward, bisa lebih bersabar.

Jadi, apa kamu sudah tukar perolehan miles kamu?

~yang sedikit kecewa dengan “layanan terbaik” Garuda~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s