Blokir PKB yuk

Ups, jangan berprasangka buruk dulu, ini bukan bicara mengenai politik, PKB yang mau Ayah tulis ini bukan salahsatu partai politik, tapi singkatan dari Pajak Kendaraan Bermotor.

17 September 2013

Dengan niat awal menghindari pajak progressif, setelah greco silvo terjual, Ayah mulai mencari informasi mengenai bagaimana agar tidak terkena pajak progresif. Alhamdulillah berkat bantuan mbah google, ketemu beberapa web yang menginformasikan menghindari pajak progressif, caranya adalah dengan pemutakhiran data dan pemblokiran pajak kendaraan yang sudah bukan milik kita. Dengan pemblokiran ini, mobil yang sudah terjual atau pindah tangan, akan terupdate datanya, dan tidak akan terhitung sebagai kendaraan pertama.

Setelah membawa beberapa persyaratan dan kelengkapan, berangkatlah Ayah menuju Samsat kota Depok.

Berikut kelengkapan yang perlu dibawa
1. Fotocopy KTP
2. Fotocopy Kartu keluarga
3. Fotocopy STNK
4. Materai (6000)

Fotocopy STNK sebenarnya tidak mandatory dan tidak di minta dalam formulir isian, hanya sebagai pengingat nomor mobil kitabsaja.Oh iya, jangan lupa bawa alat tulis, stapler dan map, karena akan sangat berguna saat mengurus pemblokiran ini

Blokir PKB-1

dokumen yang perlu dilampirkan

Tanya-tanya kebagian pelayanan informasi yang ada dibagian depan Samsat, dapat informasi, perihal pemblokiran PKB ada diloket nomor 7. Segera menuju loket dibagian samsat, letaknya dibagian sebelah kiri, setelah mengutarakan maksud Ayah, petugas didalam loket ini memberikan formulir isian, yang perlu diisi.

blokir PKB-2

Berikut formulir isiannya

Setelah formulir isian diisi dan ditandatangan diatas materai, jangan lupa fotocopy formulir yang sudah diisi tersebut sebelum diserahkan ke loket semula. Fotocopy formulir ini nantinya akan di stempel dan digunakan sebagai tanda terima pemblokiran PKB.

Menurut informasi yang Ayah dapat dari web, prosesnya butuh waktu beberapa hari, kemudian kita akan datang lagi untuk mengambil tanda bukti dari samsat, namun saat Ayah tanya kepetugas loket, Ayah tidak perlu datang lagi, nanti data yang ada di dalam formulir akan diproses untuk penginputan. Sebagai tanda bukti pemblokiran, Ayah diberikan fotocopy  formulir isian yang diberi stempel dan paraf oleh petugas, plus tidak ada biaya yang dikeluarkan, kecuali fotocopy. Total waktu yang dibutuhkan, mulai bertanya, mengisi formulir, fotocopy dan menyerahkan formulir, prosesnya tidak sampai setengah jam.

jadi, buat teman-teman yang sudah menjual mobilnya dan tidak ingin kena pajak progressif, yuk kita blokir PKB dan memutakhirkan data kepemilikan.

January 2014

Dag-dig-dug juga waktu mau perpanjang pajak mobil baru, was-was kalau kena pajak progressif. Langsung plong waktu petugasnya memberitahu uang yang mesti dibayarkan saaat perpanjangan STNK, cek di STNK, Alhamdulillah mobil baru sudah terdeteksi sebagai mobil pertama

Blokir PKB

End

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s