Al-Qur’an for Android

6 Agustus 2013

Setelah samsung S4 sudah ditangan, saatnya oprek-oprek gadget baru ini, termasuk donlod aplikasi yang kelak sering dipakai oleh Ayah.

Salahsatu aplikasi wajib yang ada di henpon adalah aplikasi Al-Qur’an, jawabannya simple, karena Ayah adalah seorang Muslim. Agar memudahkan Ayah untuk bertilawah setiap saat, program ini harus ada di henpon baru, apalagi masih dalam bulan Ramadhan, kesempatan untuk membaca Al-Qur’an banyak-banyak nih.

Cari-cari di Google play dengan kata kunci Quran, dapet beberapa referensi, awalnya bingung mau install yang mana. Tapi setelah lihat rekomendasi (dilihat dari jumlah bintang) dan yang ada terjemahan bahasa Indonesia, terpilihlah Al-Quran bahasa Indonesia.

image

Hasil pencarian di google play

Selesai install, lihat-lihat penampakannya, dan hasilnya memuaskan, sesuai dengan harapan, dimana setelah Ayat Al-Qur’an ada terjemahannya. Sejak mengenal Al-Quran dengan bantuan blackberry, Ayah mulai hobi membaca Al-Qur’an sambil membaca artinya. Biar pelan-pelan meresapi artinya dan mentadaburinya, sekalian belajar bahasa Arab. Malah kalau sekarang baca Al-Quran tanpa arti, rasanya ada yang kurang.

image

Tampilan Al-Qur’an berbahasa Indonesia

Surah
Setelah aplikasi terbuka, Kita bisa mengakses langsung ke surat yang dituju,

Surah

tinggal pilih surah kita ingin membaca surat yang mana

Ajiza/juzz

Selain bisa meluncur kesurah yang diinginkan, dengan aplikasi ini, kita juga mengakses juz yang mana

Juz

Pilih juz mana yang ingin dibaca

Bookmark
Dengan aplikasi ini, kita bisa bookmark atau menandai ayat yang diinginkan, fitur ini sangat bermanfaat untuk menandai akhir dari bacaan Al-Qur’an kita, dan meneruskannya dikesempatan berikutnya.

Bookmark
Berikut bookmark di aplikasi Al-Quran bahasa. Versi gratis aplikasi ini hanya bisa 5 bookmark saja

Jika dibutuhkan muratal/bacaan audio yang bisa didengarkan, kita bisa klik tombol play yang berada diatas aplikasi ini. Sangat bermanfaat jika kita bingung membaca salah satu ayat, tinggal putar audio murotalnya dan kita bisa mengetahui bacaannya.

Sayangnya murotal tidak embeded di aplikasinya, jadi perlu didownload terlebih dahulu, saat mengklik tombol play, aplikasi ini akan mendonlod audio murotal secara otomatis.

image

Proses download murotal

Untuk audio murotal, default nya dimulai dari ayat 1, jika kita menginginkan hanya diputar untuk ayat tertentu, kita perlu menskip forward ke ayat yang diinginkan

Overall cukup puas dengan aplikasi ini, kurangnya ada dua, yang pertama yaitu tidak ada petunjuk membaca basmalah diawal surah, yang kedua, belum ada crosscheck apakah isi seluruh Ayat sama (baca : tidak ada, penyimpangan isi Al-Quran).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s