Serunya memesan tiket masuk museum Fujiko F Fujio (Doraemon) Museum

Senin, 1 July 2013
Sampai hari ini, tiket masuk ke museum Fujiko F Fujio pengarang manga/komik Doraemon tidak kunjung dipesan, padahal rencana kunjungan ke Museum tersebut tinggal 2 hari lagi. Sebenarnya kemarin, saat menjadi tour guide Bunda ke Odaiba, Ayah sudah ke Lawson dan menanyakan bagaimana cara memesan tiket, namun karena petugasnya bingung aka tidak tahu, ditambah banyaknya antrian yang akan melakukan transaksi, akhirnya pertanyaan tidak dilanjutkan.

Sepulang dari kawasan gunung Fuji, sudah pukul 22.30 malam, Ayah mengajak om Alam ke Lawson terdekat untuk memesan tiket ke museum Doraemon. Dan seperti di Lawson sebelumnya, petugasnya pun bingung. paralel Ayah browsing mencari tau lebih dalam bagaimana cara memesan tiket, sedangkan om Alam melihat ke sekitar untuk mencari mesin untuk memesan tiket, ketemulah mesin Loppi, yang sepertinya untuk melakukan pemesanan tiket museum Doraemon.

Loppi

ini dia mesinnya (diambil dari http://lawson.jp/en/product_service/service/)

Dibantu petugas Lawson, mulailah kita mengoprek mesin loppi ini, waduh, ternyata petunjuk dimesinnya menggunakan hiragana semua, untungnya petugas lawson yang membantu kita baik dan sabar, walaupun dengan bekal bahasa inggris yang kurang.

Beberapa kali kita berkomunikasi dengan bahasa tarzan, mencoba memahami apa yang dia katakan, saat menyebut sky tree, om Alam bilang no, no sky tree, kebetulan doraemon memang sedang mengadakan eksibisi di sky tree, dan bukan itu tujuan kita. Noborito station, om Alam berkata, petugas Lawson pun mengambil buku pedoman pemesanan tiket, sayangnya buku pemesanan juga menggunakan hiragana, jadilah Ayah dan om Alam bersama petugas Lawson melihat majalah dengan berpedoman pada gambar. Akhirnya gambar yang doraemon dan Nobita pun muncul, yup ini dia,proses pemesanan pun dilanjutkan kembali.

Sampai pada layar jumlah tiket, kita mulai ngeh, berapa yang akan dipesan, selanjutnya adalah tanggal dan jam kita akan masuk (Ayahpun memilih jam paling pagi, yaitu pukul 10.00) oh iya, info yang Ayah terima, kalau kita belum datang, setengah jam setelah jam di schedule maka tiket kita akan hangus. Jadi sebelum memesan pastikan estimasi jam kedatangan.

Proses selanjutnya adalah memasukkan nama, awalnya menggunakan nama om Alam, namun entah kenapa proses tidak bisa dilanjutkan, kemudian ganti menggunakan nama Ayah dengan tambahan do, proses bisa dilanjutkan kembali (jangan2 karena hanya 2 suku kata). berikutnya kita diminta memasukkan nomor telp, Ayah masukkan saja nomor telp Ayah beserta kode negara, prosespun selesai.

Saatnya pembayaran, selesai membayar, Ayah diminta untuk tandatangan, ya sudah Ayah tandatangan seperti biasanya, namun petugas Lawson memberitahu, tandatangan mesti dalam hiragana, wadaw, bagaimana ini, Ayah kan ngak ngerti babarblas. Untungnya petugas lawson berbaik hati mengajari Ayah tandatangan hiragana (sebenarnya sih hanya menulis nama dalam hiragana, hehehehe). Pemesanan selesai dengan diberikannya tiket masuk museum Fujiko F Fujio.

??????????

Ini dia penampakan tiketnya, pada bagian kanan bisa dilihat tanggal dan jam masuknya

Terimakasih untuk mbak petugas Lawson yang sudah berbaik hati dan bersabar membantu kita melakukan pemesanan tiket. Pastinya proses pemesanan tiket ini menjadi salah satu kenangan berkesan bagi Ayah saat berada di negeri Sakura

Tips untuk yang akan melakukan pemesanan tiket masuk museum Fujiko F Fujio :
– Pastikan jumlah tiket, tanggal dan waktu kedatangan.
– kalau punya kenalan orang Jepang, minta tolong kedia aja, ditanggung ngak perlu repot
– kalau tidak punya, sebaiknya siapin semua informasi ,cara memesan tiket, kalau ada sampai petunjuknya (repot sih, tapi bisa jadi pengalaman tersendiri)
– siapkan juga nomor telp, tandatangan dalam hiragana, dan alternatif nama dengan penambahan satu suku kata, just incase nama yang dimasukkan tidak bisa).

Selamat mencoba serunya memesan tiket masuk museum Fujiko F Fujio

Satu pemikiran pada “Serunya memesan tiket masuk museum Fujiko F Fujio (Doraemon) Museum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s