Setahun bersama kartu kredit

Bulan November kemarin, tepat satu tahun kebersamaan Ayah Nara bersama kartu kredit BCA. Alhamdulilah setahun kemarin, tidak ada tunggakan kartu kredit yang tidak terbayar. Semua tunggakan dibayar lunas sebelum jatuh tempo, Jadi belum pernah kenalan sama mas debt collector, yang konon bahasanya sudah tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

Manfaat kartu kredit
Kartu kredit, sesuai namanya adalah kartu hutang, jadi jangan bangga dulu kalau punya kartu kredit. karena adanya kartu itu menandakan si empunya tidak memiliki uang, jadi harus pinjam lewat kartu kredit. Hehehe.

Ayah sendiri menganggap kartu kredit adalah kawan, karena dengan adanya kartu ini, Ayah bisa minta tolong untuk dibayarin beberapa kebutuhan yang mendesak, nanti habis gajian baru dibalikin/dibayar. Tapi bayarnya langsung sejumlah uang yang dipakai ya, jangan nyicil, soalnya temen yang satu ini agak perhitungan, kalo bayarnya ngak langsung lunas, dia akan menambahkan sejumlah uang yang disebut bunga. Selain itu dengan adanya kartu kredit Ayah tidak perlu repot-repot bawa uang cash banyak-banyak, kalau mau bayar, tinggal gesek.

Selain berguna untuk menalangi pembayaran sampai dana tersedia, untuk beberapa teman, kartu kredit terkadang dimanfaatkan promonya, seperti diskon, buy 1 get 1 dan cicilan 0%. atau untuk tipe kartu kredit tertentu bisa memanfaatkan fasilitas, seperti lounge di Bandara, dan lain sebagainya.

Bijak dalam penggunaan
Banyak teman yang bisa menggunakan kartu kredit secara bijak, namun ada juga teman yang memakainya secara kurang bijak, akhirnya teman yang kurang bijak ini terperangkap dalam jerat hutang kartu kredit. Ciri-cirinya adalah dengan melakukan pembayaran minimal setiap bulannya.

Agar kartu kredit bisa dilunasi sebelum jatuh tempo, kita harus menyesuaikan penggunaan kartu kredit dengan sumber penghasilan, jangan sampai penggunaan kartu kredit melebihi penghasilan. oleh karenanya sebelum melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, pastikan dana tersedia sebelum kartu kredit jatuh tempo. Agar lebih mudah pengontrolannya, Ayah membagi penggunaan kartu kredit menjadi tiga kategori.
1. Penggunaan yang bersifat rutin, misalnya belanja bulanan, dan bayar tagihan telpon —>untuk kategori ini dananya pasti tersedia. Jadi untuk kategori ini Ayah tidak perlu was-was. Note :alasan pengeluaran yang bersifat rutin ini menggunakan kartu kredit adalah, karena semakin banyak kartu kredit digunakan point berupa cashback bisa semakin banyak, ya hitung- hitung mengurangi annual membership fee.
2. Penggunaan yang bersifat tidak rutin, misalnya belanja pakaian, accesorries, sepatu, dan lain-lain.—-> sebelum melakukan transaksi ini pastikan tersedia dana untuk membayarnya sebelum jatuh tempo.
3. Penggunaan sewaktu-waktu, misalnya membayar rumah sakit, apotik atau pembayaran hotel ketika tugas ke luar kota.—-> di tempat Ayah bekerja, pengeluaran untuk rawat jalan rumah sakit, apotik dan terkadang perjalanan keluar kota, bersifat reimburse, artinya uang yang dikeluarkan untuk membayar baru akan diganti kantor setelah proses administrasi selesai. Prosesnya sendiri bisa memakan waktu sekitar dua minggu sejak proses administrasi kita mulai. Dengan adanya kartu kredit bisa meringankan beban, karena uang pribadi kita tidak banyak terpakai untuk menalangi pemakaian jenis ini. Jadi cashflow uang pribadi tidak terganggu.
Untuk saat ini, kategori sewaktu-waktu yang bikin dag-dig-dug saat akan jatuh tempo terutama kalau timingnya kurang tepat, cashflow uang pribadi bisa terganggu.

Diluar ketiga kategori tersebut, hal yang tidak kalah penting adalah mencatat seluruh penggunaan kartu kredit, karena selain menghindari penyalahan kartu kredit yang kita miliki, juga untuk membantu evaluasi pembayaran sebelum jatuh tempo.

Note:
– Iuran rutin tahunan/annual membership fee : setiap kartu kredit mengharuskan
Iuran tahunan (annual membership fee) yang berbeda-beda. Untuk kartu kredit BCA gold & VISA yang Ayah gunakan, bank BCA mencharge 125 rb perkartu pertahun. Untuk tahun pertama salah satu kartumasih promo, jadi cukup membayar 125rb untuk 2 kartu. Namun setelah satu tahun pemakaian, Ayah harus membayar 250rb untuk 2 kartu.

– Ngomong-ngomong soal iuran, Om Jaiko pernah bilang, anggap aja kita punya tabungan tambahan. Nah iuran tahunan itu anggap aja biaya administrasi tabungan sekitar 10 rb yang diakumulasikan satu tahun, hasilnya mendekati biaya iuran tahunan KK BCA. Tapi itu untuk iuran yang normal (masih dibawah 150rb setahun),kalau yang sudah diatas itu pakai analogi yang lain ya hehehe.

– Tanggal Jatuh tempo, batas waktu pembayaran KK yang digunakan sebelumnya, biasanya sekitar dua minggu dari tanggal pelaporan, misalnya kita minta pelaporan transaksi setiap tanggal 3, maka jatuh tempo sekitar tanggal 17

– Cash advance : fasilitas kartu kredit dimana kita bisa mengambil sejumlah dana cash menggunakan kartu kredit kita di ATM. Ayah sendiri belum pernah memanfaatkan fasilitas ini. Katanya sih jika kita menggunakan fasilitas ini kita akan dibebani biaya administrasi dan bunga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s