Pembuatan pagar (proses pembangunan Rumah)

8 Juli 2010

Setelah beberapa pekan proses pembangunan rumah Nara terhenti,minggu ini pembangunan dilanjutkan kembali. Fokus pembangunan kali ini adalah pembuatan pagar.

Penentuan desain
Sebelum proses pembangunan dimulai, Ayah dan Bunda sudah mulai hunting model pagar yang akan dibangun.Untuk desain pagar, diputuskan mengambil contoh desain dari buku “pagar rumah tinggal” dengan pengarang “Gatot hadiyanto”, desain pagar dipilih karena bentuk yang unik.

gambar desain diambil dari buku “Pagar Rumah Tinggal”

Setelah desain pagar yang diinginkan dipilih, selanjutnya berdiskusi dengan mas Abu untuk penerapannya di rumah Nara. Setelah disetujui beberapa modifikasi pada desain, pembuatan pagarpun di mulai.

Batu Alam

Paralel dengan pembuatan pagar, Ayah dan Bunda mulai memilih batu alam yang akan di pasang dibagian depan pagar. Sebenarnya untuk desain pagar yang dipilih, pengarang menganjurkan penggunaan batu candi. Namun karena Ayah dan Bunda kurang sreg, maka dipilih batu andesit susun sirih sebagai gantinya.

harga permeter batu andesit susun sirih dengan ukuran 40cm dan 30 cm, 100rb rupiah. Agar lebih apik pemasangan batu tidak dibuat sejajar, namun mirip dengan susun bata.

ini dia foto progress pembuatan pagarnya.

biaya pembuatan pagar tembok (material, cat, batu alam, ongkos kerja) berkisar 1-2 jt rupiah permeternya. Untuk pagar rumah Nara ini biaya permeter berkisar 1,3 jt rupiah.

Pagar Besi

Selain pagar tembok, Ayah dan Bunda juga sudah sepakat menentukan model pagar besi yang akan dipasang. Jenis pagar adalah pagar semi minimalis dengan penutup kayu. Sebagai pengganti kayu agar lebih tahan cuaca diluar ruangan, saat ini ada material pengganti kayu yang berbahan semen mirip GRC board harganya pun cukup terjangkau, namanya elephant board.

Atas rekomendasi mas Abu, pembuatan pagar besi dipercayakan Om Tarso. Harga permeter persegi pagar jenis minimalis berkisar 350 rb-500 rb tergantung dimensi/ukuran besi dan kerapatan antar besi. Kira-kira model pagarnya seperti ini namun dengan beberapa modifikasi

Foto ini diambil dari tetangga satu kompleks.

Sehari setelah deal dengan om Tarso Nara, Ayah, dan Bunda ke Mitra 10 untuk memesan elephant board bermotif kayu. Namun sayang ohh sayang material yang diinginkan tidak ada,parahnya lagi dari pabrik pembuatnya juga tidak ada kabar, bahkan karena dapat informasi dari pegawai mitra 10 depok, kita sempat datang ke cabang lain untuk mengecek. Namun elephant board bermotif kayu yang diinginkan tidak ada.

Agar penampakan pagar tidak aneh karena ketiadaan bahan elephant board bermotif kayu, Ayah dan Bunda sepakat mengganti desain pagar dengan model semi minimalis kerapatan antar besi 5cm.pengerjaan pagar besi ini kira-kira 10 hari, berbarengan dengan selesainya pemasangan batu Alam. ini dia fotonya.

18 pemikiran pada “Pembuatan pagar (proses pembangunan Rumah)

  1. Maaf pak saya sangat tertarik dengan tulisan bapak. terus terang saya juga sedang berusaha untuk membangun rumah (sempat bingung apakah ingin beli rumah jadi atau membangun dari awal) terus ternag saya sangat awam sama sekali. Kebetulan ada tulisan2 bapak mengenai membangun rumah dari awal. saya ingin juga mengikuti jejak bapak. Bolehkah saya melihat denah rumah yang bapak bangun (terus terang ini merupakan karya cipta orang yang harus kita jaga dan hargai) karena saya lihat rumahnya sangat bagus dan ruang2 yang bapak bangun sesuai sekali. saya ingin sekali untuk mengikutinya. Sekarang saya sedang berusaha menabung untuk membangun rumah. kebetulan ada saudara yang menawarkan tanah jadi saya ingin juga membangun rumah dari awal. bolehkah saya mengikuti desain bapak (denahnya) walau ini tentu privasi bapak. terima kasih sebelumnya

    Suka

  2. kalau boleh tahu berapa total biaya untuk buat pagar seperti itu.kalau tidak keberatan mohon yang detail seperti tinggi lebaranya pagar serta biaya dan teralisnya, saya tertarik meniru he he. terimakasih

    Suka

    1. Dear Mas Rahmat

      Untuk pagar tembok seperti informasi 1.3jt permeter dan pagar besi saya coba cari kwitansinya ya mas, kalau ada info saya update.

      Salam

      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear Mas Muthohirin

      Kebetulan untuk pagar, tidak ada gambar spesifiknya, karena saya hanya mengikuti informasi di buku dan berdiskusi langsung dengan tukang yang bekerja.

      Salam
      Ayah Nara

      Suka

  3. dear ayahnya nara

    minta info nya pak untuk pagar besinya itu biayanya berapa kalo tidak keberatan saya meminta di berikan kontak personnya. pak tarso.

    thanks infonya

    yoga

    Suka

    1. Dear Mas Yoga

      saya lupa waktu itu dapat harga berapa. untuk nomor telp, ada dicontact saya nomor pak Tarso 087877980229, tapi saya tidak update apakah beliau masih pakai nomor ini atau tidak.

      Salam

      Ayah Nara

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s