Perbaikan Power Steering Greco ++ (plus-plus)

Dimulai dengan seringnya oli power steering (P/S) greco berkurang setiap habis keluar, ayah sebenarnya sudah lama mengagendakan perbaikan P/S greco silvo ini. Namun berhubung waktu dan dana yang tersedia seringkali tidak klop, maka rencana perbaikan P/S pun tertunda cukup lama. Penundaan perbaikan P/S ini menyebabkan gejala bocor P/S semakin parah. oleh karenanya Ayah memprioritaskan perbaikan P/S ini pada prioritas pertama.

Pemilihan Bengkel

Untuk perbaikan P/S ini, pada awalnya, perbaikan akan dilakukan di MW power steering Lebak bulus. Bengkel P/S ini dipilih atas rekomendasi dari hasil browsing di milist GCC (Great corolla club). Namun ketika mendekati waktu perbaikan, pemilihan bengkel di alihkan ke PM (Putra Mandiri) di klender atas rekomendasi pakde. setelah memastikan uang SPJ sudah ditransfer kantor, ayah segera mengatur jadwal untuk perbaikan P/S.

Karena estimasi proses perbaikan memakan waktu seharian, maka ayah berinisiatif mengambil cuti untuk perbaikan P/S ini. setelah konsultasi dengan bengkel, terpilihlah hari senin (14 Desember 2009) sebagai hari perbaikan P/S.

14 Desember 2009

Untuk menghindari macet di hari senin, pukul 07.30 ayah berangkat menuju bengkel. Alhamdulilah di LA (lenteng agung) dan tanjung barat tidak terkena macet yang berarti, namun justru di Pondok kopi ayah terjebak kemacetan. akhirnya baru sampai bengkel jam 09.30, wah kesiangan nih kata ayah.

Sesampainya di bengkel ternyata sudah ada 2 mobil yang sedang dalam proses perbaikan. “service P/S ya om” kata Ayah ke om Budi, “oke, tunggu ya, habis mobil ini” kata Om Budi. kira-kira pukul 10.00, proses diagnosa P/S greco dimulai. Om Ucup sudah mulai ngecek-ngecek lokasi kebocoran. dari hasil pradiagnosa hanya slang high pressure yang kena, sedangkan rack steer tidak kena. Namun untuk lebih memastikan penyebab bocor, Om Ucup mulai membongkar P/S.

Ternyata untuk membongkar P/S greco, agak sedikit sulit karena ruang gerak kunci untuk membuka baut-bautnya terbatas,tapi bukan bengkel mobil namanya kalau ngak bisa membuka P/S greco, tepat pukul 12.00 P/S greco berhasil dibuka. Setelah P/S dibuka barulah proses diagnosa lebih detail bisa dilakukan.

Berikut detail part P/S yang diganti:

1. Slang high pressure : 300rb

2. Seal rack steer bagian atas : 50rb

3. Gromet Steer : 25rb

4. Selang Tabung : 50rb

dan berikut tambahannya :

1. Oli P/S ATF : 30rb

2. Gemuk Bescay : 15rb, belum sempet nanya apakah ini termasuk tambahan untuk mensupport P/S atau ngak, hehehehe

Karena saat proses membuka P/S, roda depan turut dibuka, Ayah minta ke Om ucup untuk crosscheck part lainnya.dan atas rekomendasi Om Ucup, berikut part yang ikut diganti :

1. Boot as roda :40rb

2. Kampas rem depan:100rb

Pada saat yang bersamaan, Pakde datang ke bengkel. setelah ditraktir bakso, Ayah dan Pakde ke rumah kong kong, sambil titip pesan ke om Budi untuk check motor untuk semprotan air, karena sudah beberapa bulan semprotan air tidak berfungsi.

Pukul 15.30 dengan vario Ayah dan Pakde kembali ke Bengkel PM. saat ayah datang, om Budi lg crosscheck hasil perbaikan, katanya ada drat dekat pompa yang masih bocor. Supaya om Budi ngerjainnya ngak terburu-buru, Yah dan pakde jalan-jalan ke Otista dulu untuk cari accesoris motor. pulang dari otista, Greco sudah ada diluar, wah kayaknya udah bener nih kata ayah. segera ayah masuk bengkel dan nanya om Budi. dia bilang P/S sudah beres, pompa semprotan air juga sudah diganti.

Motor semprotan air:30rb.

tidak menunggu lama segera ayah menyelesaikan pembayaran, total biaya perbaikan 840 rb (including service 200rb). karena sudah lewat magrib, Ayah langsung pamit pulang.

Rem tangan, radiator dan semprotan air wiper solve

18 Desember 2009

Empat hari setelah proses perbaikan P/S, ayah mulai fokus uji coba hasil perbaikan, pertama masalah rem tangan, sebelum perbaikan, tanda rem tangan masih akan terlihat meskipun posisi rem tangan sudah diturunkan. tanda tersebut baru akan hilang kalau greco sudah jalan agak jauh. hari ini begitu Mesin dinyalakan, ayah langsung uji coba menurunkan rem tangan, hasilnya fantastis, tanda rem tangan hilang. first problem solve, dari informasi yang didapat masalah muncul karena minyak rem berada pada posisi dibawah min. masalah solve karena kampas rem depan diganti dengan yang baru, hal ini mengakibatkan minyak rem terdorong ke posisi antara max dan min.

Masalah kedua, semprotan air ke wiper tidak berfungsi, langsung crosscheck untuk semprot air, hasilnya tokcer, air berhasil keluar, second problem solve. problemnya motor untuk penyemprot sudah rusak, solusinya diganti pompa baru.

Masalah ketiga, air radiator sering berkurang radiator sudah di crosschek dan tidak ada yang bocor, gejala lainnya adalah air reservoir tidak tersedot ke radiator, justru terkadang air di tabung reservoir bertambah volumenya. setelah pulang jalan-jalan ayah check air radiator, hasilnya air radiator penuh, dan air reservoir berkurang, third problem solve. problemnya adalah ada kebocoran

Masalah keempat yang merupakan masalah utama yaitu P/S, ujicoba sebenarnya sudah dilakukan sejak membawa greco pulang dari bengkel ke Depok. Saat membawa pulang greco tidak ada masalah yang berarti di P/S begitupun setelah sampai rumah, tidak ada lagi ceceran oli ketika steer di belokkan masalah ke empat solve. Namun saat ke margo untuk pesan tiket sang pemimpi, steer berdengung ketika akan di parkirkan. Sambil ngantri tiket, Ayah telp om Budi dan menanyakan kenapa steernya berdengung kalau di belokkan mundur. kata om Budi kalau baru ganti selang high pressure memang dengung begitu, karena masih ada angin di P/Snya. begitu penjelasan sementara, untuk sementara cukup puas dengan jawaban itu. karena meskipun bunyi denggung masih ada tapi sudah tidak terlalu sering. Kalau dalam sebulan kedepan masalah P/S settle (bunyi dengung hilang) greco akan di spooring.

Untuk sementara ini cukup puas dengan service di PM bengkel, karena beberapa problem bisa di settle secara bersamaan dengan satu biaya service. Selain itu di Bengkel ini kita bisa minta bantuan diagnosa, apakah part ini perlu diganti atau tidak.

Masalah lain?

Berhubung mulai tanggal 18 sudah libur, maka pemakaian greco lebih intens, mulai sekedar berkeliling di kota Depok, ke Bekasi sampai ke Bogor, tepatnya cilebut. Hari pertama greco keluar Ayah melihat ada tetesan oli di car port tempat greco tidur. Awalnya ayah pikir tetesan oli itu berasal dari tetesan sebelum P/S greco di service, namun untuk lebih memastikan car port di bersihkan dari tetesan oli. namun besoknya, Ayah melihat ada tetesan oli di tempat greco tidur. wah masalah apa yah, check oli P/S jumlahnya tidak berkurang. kira-kira darimana ya? diagnosa sementara, tetesan oli berasal dari sisa-sisa oli P/S yang masih nempel di greco, minggu depan greco akan di cuci steam, kalau masalah tetesan oli masih ada harus di crosschek lagi nih.

10 pemikiran pada “Perbaikan Power Steering Greco ++ (plus-plus)

    1. Dear Mas Didiet, sebenarnya itu bukan bengkel khusus power steering, tapi kebetulan di situ bisa juga benerin power steering, ada nih PICnya namanya Budi (0812-9342555)

      Suka

  1. salam kenal mas,
    Sy di gianyar bali, pake greco 95,
    Cuma mau tny, kalo bole tau, apa alasan utama mas gyannara utk service p/s tdk di bengkel resmi macam auto2000 ato agung automall? Bukannya lbh baik ke bengkel resmi aja ya? thx.

    Suka

    1. Dear Mas Made

      Terimakasih sudah main-main kesini, alasan utama tidak kebengkel resmi, karena biaya service bengkel resmi cukup tinggi untuk saya.

      Ayah Nara

      Suka

    1. Dear Mas Agung

      detailnya saya lupa, letak bengkelnya di jalan MAsjid Abidin kalau tidak salah (sub jalan Pahlawan revolusi), di dekat fly over pertememuan jl Kol Sugiono dan jlBasuki Rahmat, detailnya bisa contact langsung ke PICnya Budi (0812-9342555)

      Salam
      Ayah Nara

      Suka

    2. Dear Mas Agung

      Saya juga lupa alamat detailnya, kalau tidak salah Bengkelnya masuk ke jalan masjid Abidin (sub jalan Pahlawan revolusi) dekat fly over pertemuan jl Kol Sugiono dan Jl JEnd Basuki Rachmat. untuk detailnya bisa contact PICnya Budi (0812-9342555).

      Salam
      Ayah Nara

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s