Ingin Kota Depok yang lebih baik ?

2 Oktober 2009

Ingin kota Depok yang lebih baik? Itulah kata-kata yang tersirat di pikiran Ayah Nara setelah melihat di website pemkot Depok. Informasi untuk teman-teman saat ini website Pemkot Depok sudah memiliki layanan pengaduan. Hebatnya layanan pengaduan ini selain proses pengaduannya yang simple, pengaduan tidak hanya di tampung, namun langsung di tindak lanjuti.

Berawal dari pengalaman membuat surat pengantar di kelurahan dan kecamatan dengan biaya yang tidak wajar, Ayah Nara cari-cari info biaya pengurusan surat pengantar di kelurahan dan kecamatan. Alhamdulilah Ayah Nara berhasil menemukannya diwebsite pemkot Depok, tepatnya di bagian layanan pengaduan.

Sepertinya alasan dibukannya Layanan pengaduan lewat web ini adalah karena sekarang ini banyak masyarakat Depok yang sudah melek internet, selain itu layanan pengaduan ini bisa dijadikan pemkot Depok sebagai salah satu masukan untuk memperbaiki kinerja kota Depok, terutama dari Masyarakat kota Depok. Jadi kalau teman-teman mengalami hal-hal yang diluar kewajaran dalam berhubungan dengan aparat kota Depok, seperti biaya administrasi yang tidak wajar dalam hal pembuatan KTP, akte kelahiran, pembuatan IMB, atau sekadar melayangkan pertanyaan dan saran atau kritik, jangan ragu untuk melayangkan surat lewat surat pengaduan ini.

Prosedur pembuatan surat pengaduan di website kota Depok

Untuk membuat surat pengaduan, caranya mudah. pertama-tama click link berikut : http://www.depok.go.id/v4/index.php?option=com_contact&Itemid=3, kemudian di kolom perangkat daerah terkait dipilih perangkat yang berhubungan dengan hal yang akan diadukan, misal, kita mau mengadukan adanya pungutan tidak resmi di kecamatan saat pembuatan KTP, kita tinggal pilih kecamatan dan bagian dinas kependudukan dan catatan sipil. selanjutnya isi kolom identitas diri dan pengaduan atau saran yang ingin disampaikan.

Pengaduan

Kemudian setelah selesai tinggal klik icon kirim, sebagai informasi bahwa surat pengaduan kita sudah di terima, pengaduan@depok.go.id akan mengirimkan surat konfirmasi bahwa surat pengaduan sudah diterima” Terima kasih atas pengaduan, kritik & saran yang telah anda sampaikan kepada kami”.

Ketika Melihat kemungkaran

Saat menulis tulisan ini Ayah teringat hadist nabi Muhamad sholallohu Alaihi Wasallam riwayat Imam Muslim :

Barangsiapa di antara kamu melihat kemunkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya, jika ia tidak mampu cegahlah dengan lisannya, dan apabila tidak mampu maka dengan hatinya.  Yang demikian itu adalah selemah-lemah iman. (Hadits riwayat Imam Muslim).

Mudah-mudahan usaha kita menulis surat pengaduan ini, jika melihat kemungkaran (terutama di kota Depok) adalah salah satu bentuk mencegah kemungkaran dengan Lisan, sehingga kita tidak termasuk orang-orang yang memiliki selemah-lemahnya Iman, Wallahu’alam Bishawab.

4 pemikiran pada “Ingin Kota Depok yang lebih baik ?

  1. wah skr ling pengaduan di situs depok.go.id sepertinya sudah tidak ada.., saya coba cari dari petunjuk bapak tidak ditemukan link tersebut.

    pagi ini saya coba mengurus imb, untuk pengantar di kelurahan sudah diminta uang 200rb

    Suka

  2. nyasar kesini kebetulan tadi siang saya ngalami diancam diacungi kepalan lengan sama preman di putaran jalan Djuanda depan Yamaha dealer nih gara2 nggak sempet ngasih recehan.. barusan aja ke pengaduan pemkot Depok 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s