Persiapan Pembangunan Rumah

Juni 2009

Setelah proses pembelian Tanah selesai, tahap selanjutnya adalah persiapan pembangunan rumah.  Mulailah ayah dan bunda cari-cari informasi mengenai hal-hal yang perlu dipersiapakan yaitu :

1. Bentuk dan layout rumah

2. Luas rumah yang akan dibangun

3. Siapa yang akan mengerjakan pembangunan

4. IMB

5.RAB

Untuk Layout dan bentuk rumah, Ayah dan Bunda minta tolong salah seorang kerabat untuk mendesain, desain layout ini selain digunakan untuk proses pembangunan, juga diperlukan untuk proses IMB. sedangkan untuk bentuk rumah, Ayah meminta temen ayah untuk mendesain bentuk rumah, berikut desainnya:

03r2 copy

Untuk desain rumah, baru selesai saat proses pembangunan dimulai, jadi Mas Abu melakukan sedikit perombakan, disisi tembok dan ada pondasi yang tidak terpakai. Moral of the story,sebaiknya sebelum dilakukan pembangunan desain layout dan bentuk rumah di finalisasi terlebih dahulu, agar tidak ada pemborosan waktu dan biaya karena perombakan.

Untuk IMB, diproses sendiri alias tidak melalui perantara, untuk IMB akan dibahas dalam tulisan terpisah.

Biaya pembangunan dan Luas Bangunan

Sebenarnya mudah untuk mengestimasi Biaya pembangunan dan luas bangunan yang akan dibangun, karena bisa di buat perkiraan biaya permeternya, untuk saat ini biaya permeter bervariasi, bergantung material yang digunakan, namun rata-rata biaya permeter berkisar 1.75 jt- 3jt permeter. Dengan perhitungan tersebut,luas rumah yang bisa dibangun dengan dana yang tersedia adalah sebesar 50M, namun karena desain rumah tidak dibuat menggunakan konsep rumah tumbuh. Akhirnya diputuskan membangun seluas 135M, dengan konsekuensi rumah tidak selesai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s