Pembelian Emas di Logam Mulia

3 Juli 2009

Salah satu rencana yang mau di lakukan setelah terima Bonus dari kantor yaitu membeli emas untuk tabungan pendidikan Nara. Alasan kenapa dipilih emas untuk tabungan pendidikan adalah karena emas tidak terlalu terpengaruh oleh inflasi , buktinya harga emas dari tahun ketahun selalu naik, kalau 2 tahun yang lalu saat Ayah membeli emas perhiasan, harga pergramnya sekitar 100 ribu, sekarang sudah hampir mencapai angka 300 rb.

emas-batangan-300x198

Tidak jadi ke pegadaian

Sebenarnya sudah dari minggu kemarin mau beli emas ke pegadaian, namun berhubung ada urusan, jadi baru hari jum’at ini bisa meluangkan waktu untuk beli emas. Awalnya Ayah dan Bunda Nara mau beli emas di pegadaian, karena pegadaian punya banyak cabang, jadi bisa pilih cabang yang deket kantor, supaya bisa cepet ke kantornya. Tapi malam sebelum ke pegadaian, Ayah dan bunda dapet info dari internet kalau harga emas logam mulia yang di jual di pegadaian akan dikenakan margin sekitar 3%, untuk detailnya bisa di lihat di http://pegadaiansyariah.com/. Berhubung Ayah dan Bunda punya uang cash, dan setelah hitung-hitung jika beli dipegadaian harganya lebih mahal, maka kita putuskan untuk membeli ke Logam Mulia.

Paginya berbekal peta hasil searching di internet, Ayah dan Bunda naik motor ke Logam Mulia (posisinya ada di ujung jalan pemuda).  Sampai Logam Mulia ayah dan Bunda bingung, karena pagarnya masih tertutup, namun tiba-tiba pintunya terbuka. Jadi untuk yang baru pertama kali ke Logam Mulia, jangan bingung kalau pintu pagar masih tertutup, di tunggu saja, nanti security didalam akan membukakan pintu, sepertinya itu hanya sebagai pengaman, secara di dalam situ banyak aset berharga.

Begitu masuk pagar Logam Mulia, langsung diminta Kartu tanda pengenal, dan ditanya alasannya, pembelian atas perusahaan atau pribadi. selesai dari tempat security, kita langsung masuk di lobby (saat itu waktu menunjukkan pukul 08.15 pagi), mbak recepsionist langsung menyambut kita, dan menginformasikan kalau untuk transaksi pembelian logam mulia, harga menunggu keputusan dari internal mereka, dan biasanya angka tersebut keluar sekitar jam 09.00-09.30, biasanya sih jam 09.30, bapak mau nunggu atau tidak? kalau mau nunggu saya beri nomor antrian begitu kata mbaknya. untuk yang belum pernah ke Logam Mulia, sebaiknya kalau mau datang ke Logam mulia minimal jam 09.00,  percuma datang pagi karena transaksi baru bisa dimulai sekitar jam 09.30.karena kita sudah terlanjur didalam, dan untuk masuknya agak sedikit repot, Ayah dan bunda akhirnya memutuskan untuk menunggu, kita dapat nomor antrian no.1.

Akhirnya jam 09.20 nomor antrian kita dipanggil, segera duduk di meja marketing dan menjelaskan mau beli apa dan berapa jumlahnya. dan seperti rencana Ayah dan Bunda Nara kita akan membeli finegold 99.99%. Saat itu harga fine gold yang dibuka sekitar 315 rb per gramnya. Setelah sepakat dengan jenis  dan jumlah yang akan di beli, dari bagian marketing, kita akan diberi nota pembelian. sedangkan untuk pembayaran kita perlu ke bagian cashier. Oh ya untuk pembayaran, di Logam Mulia menerima pembayaran dengan debit BCA, dan lain-lain, untuk detailnya lihat di. http://www.logammulia.com/news.php?id=19 . Selesai bayar di Cashier, kita segera ke loket pengambilam barang untuk menyerahkan nota pembelian yang sudah di ttd oleh bagian cashier.

Di loket pengambilan barang kita tidak langsung diberikan barangnya, kita mesti menunggu kira-kira 10-30 menit, sepertinya mereka mesti mempersiapkan emas yang kita beli, (mengecek stock kali ya, gimana ya kalo emas yang kita beli ngak ada stocknya?) sambil menunggu kita akan diberi secarik kertas untuk pengambilan barang, dikertas tersebut ada keterangan jenis barang yang kita beli (ada Fine gold, Dinar, platinum, DSB). setelah menunggu sekitar 15 menit, akhirnya nama kita di panggil, segera kita keloket untuk pengambilan emas.

Emas Bersertifikat

Salah satu kelebihan fine gold yang kita beli dari PT Logam Mulia adalah sertifikat keaslian emas yang di sertakan bersama emas yang kita beli. Berikut foto fine gold beserta sertifikatnya

DSC00531

6 pemikiran pada “Pembelian Emas di Logam Mulia

    1. @ Mufti Malik : Sertifikat untuk logam Mulia yang kita beli akan diberikan bersamaan dengan logam Mulianya.Untuk Logam Mulia emas setau saya tidak dikenakan biaya tambahan/pajak. Untuk biaya pembuatan emas sudah termasuk kedalam harga yang dibuka oleh PT.logam Mulia

      Suka

  1. saya sudah nabung lebih dari 50 gram fine gold.dan kalau dihitung-hitung.dari modal awal,sekarng selama 3 tahun sudah untung lebih dari 15 juta.daripada ditabung uang di bank,kalau cukup,saya sarankan memang beli emas batangan.asal jangan lupa zakatnya kalau dah banyak sampai nisab.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s