Perbaikan AC Greco silvo

1 April 2009

Bermula dari mulai tidak dinginnya AC, terutama ketika keadaan lalulintas macet di sianghari,  rabu kemarin, setelah urusan rumah di Bank BRI Kelapa Gading selesai, Ayah sama Bunda langsung menuju Bengkel yang direkomendasiin temen ayah (Om gugun) di rawamangun. “pokoknya dari perempatan arion dari arah by pass belok kekiri, pas puteran pertama didepannya ada Bengkel AC” begitu kata om Gugun. setelah cari-cari Akhirnya ketemu Bengkel yang direkomendasiin om gugun, Nama Bengkelnya Aneka Jaya Motor’37. 

Begitu sampai Ayah langsung masuk kedalam Bengkel dan tanya-tanya ke owner bengkelnya(Chichi dan koko).  ayah bilang “mau sevice AC nih, kok udah mulai ngak dingin ya” , kokonya bilang ” di check dulu aja biar ketauan apa yang perlu diganti”, langsung anak buah koko cek tekanan kompresi dan freonnya,  setelah selesai koko bilang” kompresi udah payah, tekanan udah 70 (apa maksudnya dan berapa tekanan idealnya ya?) kemungkinan besar kompresornya udah baret, namun untuk memastikan perlu di bongkar si kompresor”.

new_accompressor

Jadilah si kompresor di bongkar, setelah selesai bongkar kompresor mekaniknya ngasih tau kalo salah satu tempat piston (bener ngak ya ini namanya, ada 4 lubang piston di situ) udah ngak rata (sambil nunjukin salah satu piston tersebut), akhirnya ngobrol sama chici, diskusi biaya yang akan timbul kalo ganti kompresor (ex singapore), drier dan expansion valve setelah si chici hitung hitung pake kalkulator ketemu angka 1,95 jt untuk seluruh penggantian beserta service. Berhubung angka yang keluar melebihi budget yang disediakan maka ayah dan bunda diskusi hasilnya supaya mobil jadi adem dan Nara ngak kepanasan, ayah dan Bunda setuju untuk penggantian kompresor dengan angka 1,95 jt.

acreceiverdrier           acexpansionvalve

 

 

 

Setelah sepakat dengan biaya yang akan timbul, dimulailah aktifitas bongkar-membongkar modul yang berkaitan dengan AC. diawali dengan pembongkaran Evaporator yang ada di bawah dashbord kiri (Ayah baru tau ada evaporator di situ, maklum Ayah Nara termasuk Nubie dalam hal permobilan), begitu dikeluarkan si Evaporator terlihat kotor info dari sikoko “memang si evap akan kotor seperti itu makanya setiap tahun AC harus diservice” dan memang terbukti kebetulan di situ ada Innova sedang service AC, begitu evaporator si inova dibuka, evaporatornya kotor juga seperti si Greco. intinya untuk perawatan AC setahun sekali harus service rutin tambah freon+bersih-bersih komponen AC.

Selagi evaporator dibersihkan, mekanik satunya memulai aktifitas bongkar AC kondenser. letaknya ada di depan radiator mesin,  bentuknya mirip radiator. Tanya-tanya ke mekaniknya, “ini fungsinya apa mas ?” mekaniknya nyahut” ini buat dinginin freon+oli” ayah nanya lagi, “jadi yang lewat kondenser ini freon+oli ya?”,” Hooh”  kata mekaniknya. dimulailah aktifitas pembersihan kondenser dengan memasukan cairan pengencer cat (thinner) lalu disembur pake angin dari kompresor (kompresor yang satu ini bukan kompresor ac tapi kompresor yang biasanya ada di tukang tambal ban).  diulang beberapa kali sambil di chek apa kondensernya bocor.

new_accondenser

Tidak lupa pembersihan selang dari kompresor ke dekat evaporator, caranya sama yaitu dengan melewatkan cairan pengencer cat (thinner) lalu di sembur pakai angin dari kompresor yang biasanya ada di tukang tambal ban, selain membersihkan saluran, aktifitas ini di tujukan juga untuk mengecek apakah selang dari arah kompresor ac ke dekat evporator ada yang berlubang/bolong atau tidak.

Setelah semua pembersihan selesai, dimulailah pemasangan kembali kompresor AC, kondenser filterAC/ receiver dryer, setelah semua komponen terpasang gas freon mulai di inject ke dalam saluran si koko mempersiapkan tabung gas freon(sempet lihat tabung R134, merk Klea)+alat indikator untuk melihat jumlah gas freon yang sedang di masukan sudah berapa banyak. Setelah aktifitas freon ini selesai kemudian mobil di start dan pengetesan AC di mulai, kira-kira 10 menit mekaniknya bilang sudah oke pak. Langsung ayah test drive masuk ke kabin, begitu masuk mobil wuihh srrrr dingin. dalam hati sudah oke nih kayaknya Mekaniknya bilang “kompresornya mau dibawa pak?” ayah bilang ” iya mas”. Segera mekanik membereskan kompresor lama greco yang sudah dibongkar tersebut.

Merasa service sudah selesai ayah langsung ke ruang administrasi buat bayar ke chici. sambil mau bayar ayah bilang ke chici kalo ayah di rekomendasiin sama temen kantor service ac ke bengkel ini,  chicinya nanya “emang kantornya dimana?” ayah bilang “di sudirman”, chicinya nyahut, “jauh juga ya” trus chicinya bilang “saya kasih discount 100 rb deh”. wah makasih ya ci begitu kata ayah.

Selesai urusan administrasi,  lihat jam dinding sudah jam 4 kurang, berarti sudah 2 jam lebih aktifitas service AC greco, lumayan cepat juga.  Ayah dan bunda langsung pulang ke menuju Depok, mampir sebentar ke Giant Margo city untuk belanja, baru deh sampe rumah ketemu sama Nara.

5 pemikiran pada “Perbaikan AC Greco silvo

  1. sebenarnya, kalau lagi service ac. bersihakn blower, isi freon, ganti olie kompresor, harga sudah duisepakati diawal. kemudian pada proses pembongkaran , ada kesalahan mekanik, yang seharusnya tidak perlu ganti apa yang namanya katup ekspansi, kenapa musti dibebankan ke konsumen ya, mustinya kan itu jadi beban toko. tapi konsumen dibuat tidak berdaya, ini saya alami saat service ac innova di bengkel Jalan Margonda. hati hati bagi yang mo service AC.

    Suka

  2. hehehe klo saya biasa klo kompresor bocor tinggal ganti acreceiverdrier atau acexpansionvalve dan sil karetnya di dalam kompresor aja kira 100ribuan hrg nya jd nggak perlu ganti kompresor dan di jamin tuh dingin lagi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s